TWC Klaim Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Aman Dikunjungi

Sabtu, 14 Maret 2020 - 10:40 WIB
TWC Klaim Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Aman Dikunjungi
Ribuan orang mengikuti upacara Tipitaka Chanting dan Ashalha Mahapudja 2563/2019 di Candi Borobudur, Juli 2019. Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko diklaim aman dikunjungi di tengah merebaknya virus corona. FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
YOGYAKARTA - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mengklaim tiga destinasi candi yang dikelola aman dikunjungi wisatawan. Pengelola sudah melakukan berbagai langkah untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), baik melalui sosialiasi maupun tindakan preventif
lainnya, sehingga wisatawan tidak perlu takut berkunjung.

"Soal isu global Covid-19 telah melakukan komunikas ke publik, tiga candi yaitu Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko aman dikunjungi wisatawan," kata Direktur Utama (Dirut) PT TWC Borobudur, Prambanan,dan Ratu Bokoi, Edy Setijono di Candi Prambanan, Jumat (13/3/2020).

Tio, panggilan Edy Setijono menjelaskan, sebagai langkah preventif penyerbaran Covid-19, yaitu di pintu masuk candi ada media yang menerangkan tentang corona dan mengecek suhu tubuh wisatawan yang masuk ke kawasan candi. (Baca Juga: Dampak Covid-19, TWC Bidik Wisatawan Domestik)

Jika ada pengunjung yang suhunya di atas rata-rata langsung akan ditangani tim medis untuk identifikasi awal. Bila dalam pemeriksaan perlu dirujuk juga sudah siap ambulan untuk membawanya ke rumah sakit rujukan, sehingga dengan penangganan cepat ini akan segera dapat diatasi.

"Kami juga menyediakan hand sanitizer di beberapa titik dan selalu ada pengumuman bagi wisatawan untuk selalu menjaga kebersihan. Di antaranya dengan cuci tangan," katanya.

Untuk itu, masyarakat tidak perlu takut berkunjung ke destinasi candi. Masyarakat sekitar juga tidak perlu khawatir dengan kedatangan para wisatawan, sebab mereka sudah menjalani peneriksaan antisipasi penyebaran Covid-19.

"Kami tegaskan destinasi kita aman untuk dikunjungi. Terakhir kita kedatangan Raja dan Ratu Belanda di Prambanan. Ini menyatakan objek wisata kita akman dikunjungi," katanya. (Baca Juga: Raja dan Ratu Belanda Nonton Sendratari Ramayana di Prambanan)

Tio menambahkan, untuk kenyamanan pengunjung, pihaknya sudah melakukan perbaikan beberapa fasilitas penunjang. Dengan langkah ini, destinasi candi bukan hanya aman tapi juga nyaman dikunjungi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4929 seconds (0.1#10.140)