Belum Ada Tersangka dalam Kerusuhan Rutan Surakarta

Jum'at, 11 Januari 2019 - 16:30 WIB
Belum Ada Tersangka dalam Kerusuhan Rutan Surakarta
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyatakan belum ada tersangka dalam kasus kerusuhan di Rutan Surakarta. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
SOLO - Polisi menerjunkan satu pleton pasukan Brimob dan Sabhara untuk mengamankan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Solo Jawa Tengah. Selain itu, polisi juga masih menyelidiki penyebab pasti kerusuhan antarnarapidana dan tahanan di rutan tersebut.

"Enggak (ada tersangka). Jadi itu kan keributannya antara di dalam dan di luar, terprovokasi. Jadi pengunjung yang pada saat itu mengunjungi napi di sana terprovokasi, kemudian terjadi keributan," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Jumat (11/1/2019).

"Sedangkan untuk penyebab keributan di rutan masih dalam penanganan Polresta Solo," kata jenderal bintang dua tersebut. (Baca Juga: Kapolda Jateng Klaim Tak Ada Korban Luka akibat Rusuh Rutan Solo
Dia menyampaikan, kondisi keamanan rutan saat ini sudah kondusif dan terkendali. Sebanyak 11 napi dan tahanan yang diduga menjadi pemicu kericuhan telah dipindahkan ke berbagai lokasi.

"Di Polda Jawa Tengah ini ada enam napi atau ada juga yang masih berproses sidang. Ada yang ke Sragen dan Wonogiri. Masing-masing yakni Sragen ada dua orang dan Wonogiri ada tiga orang. Total ada 11 orang (yang dipindahkan)," katanya.

Kapolda mengatakan, aparat gabungan diterjunkan untuk meredam kerusuhan di Rutan Kelas I Solo. Keributan itu dipicu oleh teriakan yang bernada provokasi dari salah satu kelompok tahanan kepada pembesuk di kelompok laskar. (Baca Juga: Paska Keributan, Hari Ini Jam Besuk Rutan Surakarta Ditiadakan(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6682 seconds (0.1#10.140)