alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tak Juga Ketemu, Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Lawu Dihentikan

Ary Wahyu Wibowo
Tak Juga Ketemu, Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Lawu Dihentikan
Alvi Kurniawan, pendaki Gunung Lawu yang hilang sejak malam Tahun Baru 2019 sampai kini belum ditemukan. FOTO/IST

KARANGANYAR - Operasi pencarian terhadap Alvi Kurniawan (20), pendaki Gunung Lawu yang hilang sejak pergantian tahun baru lalu resmi dihentikan. Pria asal Desa Mejing, Kecamatan Candi Mulyo, Magelang tidak berhasil ditemukan hingga hari ke tujuh pencarian.

Koordinator Relawan Cetho, Sunardi mengungkapkan, operasi gabungan resmi ditutup pada Selasa (8/1/2018) malam sekitar pukul 20.15 WIB. Operasi ditutup setelah mendengarkan laporan dari seluruh tim SAR yang telah melakukan penyisiran di Gunung Lawu sesuai koordinat yang sudah dibagi.

"Pencarian terakhir antara lain sampai di kawasan Jogorogo, Gupak Menjangan, dan Pasar Dieng," kata Sunardi saat dihubungi SINDOnews, Rabu (9/1/2019). (Baca juga: Balapan Naik Gunung Lawu, Pendaki asal Magelang Dilaporkan Hilang)



Selama proses pencarian, terdapat sekitar 18 tim SAR yang masing masing beranggotakan 15 orang. Namun, mereka semuanya tidak menemukan Alvi. Penghentian operasi juga telah disampaikan kepada keluarga Alvi Kurniawan yang setia menunggu selama proses pencarian berlagsung. Sehingga keluarganya juga melihat langsung bagaimana tim SAR bersusah payah mencari.

Guna menghormati Alvi Kurniawan, jalur pendakian baru akan dibuka pada Jumat (11/1/2018) lusa. Meski operasi pencarian resmi ditutup, pencarian oleh relawan setempat masih terus berjalan sesuai kemampuan masing masing. Pihaknya tetap berharap Alvi dapat ditemukan. Siapa tahu nanti ada pendaki yang menemukannya setelah pendakian dibuka kembali.

Sebelumnya, Alvi Kurniawan mendaki bersama enam rekannya melalui jalur pendakian Candi Cetho, Karanganyar pada 31 Desember 2018 sekitar pukul 08.00 WIB. Sekitar pukul 19.00 WIB, mereka sampai di bawah pos 5 dan mendirikan tenda. Ketika perjalanan sampai di batas Sabana, rombongan bertemu dengan pendaki perempuan yang menantang Alvi balapan sampai ke puncak dengan iming-iming ditraktir makan di Mbok Yem bagi yang menang. Namun setelah itu, keberadaan Alvi tidak diketahui. (Baca juga: Pencarian Pendaki Hilang Masuk Area Gunung Lawu Bagian Utara)



(AMM)

loading...