Pencarian Pendaki Hilang Masuk Area Gunung Lawu Bagian Utara

Minggu, 06 Januari 2019 - 22:45 WIB
Pencarian Pendaki Hilang Masuk Area Gunung Lawu Bagian Utara
Alvi Kurniawan, pendaki Gunung Lawu yang hilang sejak malam Tahun Baru 2019 sampai kini belum ditemukan. FOTO/IST
A A A
KARANGANYAR - Pencarian terhadap Alvi Kurniawan (20) pendaki Gunung Lawu yang hilang sejak malam Tahun Baru 2019 sampai kini masih nihil. Tim SAR yang dikerahkan mulai menyisir kawasan jurang mengingat jejak pria asal Desa Mejing, Kecamatan Candi Mulyo, Magelang tersebut belum terdeteksi.

Koordinator Relawan Cetho, Sunardi mengungkapkan, pencarian kini diperluas sampai jalur Singolangu dan Jogorogo yang merupakan wilayah Gunung Lawu bagian utara. Kedua jalur pendakian di wilayah Jawa Timur itu terhitung masih baru dan kondisinya sepi.

"Saat ini fokusnya di Singolangu dan Jogorogo, medannya lebih berat dibanding jalur lain," kata Sunardi kepada SINDOnews, Minggu (6/1/2019).

Kedua jalur pendakian itu medannya banyak jurang, hutan lebat dan alang alang. Kendala yang dihadapi tim SAR karena sejauh ini belum ditemukan jejak yang dapat dipakai sebagai petunjuk baru. Deteksi melalui handphone yang dibawa Alvi juga sudah tidak bisa karena sinyalnya tak terlacak lagi. Meski demikian, secara umum cuaca di gunung di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut cukup mendukung proses pencarian.

Namun sekali lagi jejak-jejak yang diharapkan bisa menjadi petunjuk belum ada. Padahal, pendakian Gunung Lawu telah dikosongkan sejak proses pencarian dilakukan. Tim SAR sejak Sabtu (5/1/2019) telah menyisir kawasan jurang. Seperti di kawasan Sendang Macan, dan Argo Tiling. Fokus titik pencarian lainnya yang masih diperkuat adalah di wilayah Pasar Dieng, tempat terakhir Alvi bertemu dengan rekan-rekannya.

Sebelumnya, Alvi Kurniawan mendaki bersama enam rekannya melalui jalur pendakian Candi Cetho, Karanganyar pada 31 Desember 2018 sekitar pukul 08.00 WIB. Sekitar pukul 19.00 WIB, mereka sampai di bawah pos 5 dan mendirikan tenda.

Ketika perjalanan sampai di batas Sabana, rombongan bertemu dengan pendaki perempuan yang menantang Alvi balapan sampai ke puncak dengan iming-iming ditraktir makan di Mbok Yem bagi yang menang. Namun setelah itu, keberadaan Alvi belum diketahui.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5112 seconds (0.1#10.140)