Ini Komentar Jokowi soal Kubu Prabowo Tolak Rekapitulasi KPU

Rabu, 15 Mei 2019 - 20:37 WIB
Ini Komentar Jokowi soal Kubu Prabowo Tolak Rekapitulasi KPU
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa KPU yang memiliki kewenangan melaksanakan tugas tersebut. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi penolakan kubu Prabowo-Sandi terhadap hasil penghitungan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 yang sedang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ya itu kita serahkan semuanya ke KPU kepada penyelenggara yang punya kewenangan adalah KPU. Serahkan ke KPU," ujar Jokowi usai acara buka puasa bersama di Rumah Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Jalan Karang Asem, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019). (Baca Juga: BPN Prabowo-Sandi Tolak Hasil Penghitungan Suara KPU
Sekadar diketahui, Kubu Prabowo-Sandi juga tidak akan mengambil jalur hukum ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, mereka tidak lagi percaya dengan MK.

Menyikapi hal itu, Jokowi mengatakan bahwa mekanisme sudah diatur oleh konstitusi. "Kalau ada, kalau ada kecurangan Bawaslu, kalau sengketa yang lebih besar ke MK. Mekanisme itu sudah diatur," paparnya.

Dia pun mengingatkan bahwa negara ini sudah ada aturan mainnya. "Konstitusinya jelas, undang-undangnya jelas, aturan hukumnya jelas, ya ikuti," tuturnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5285 seconds (0.1#10.140)