TKD Sebut Jokowi-Maruf Amin Raup 90% Suara di Provinsi DIY

Kamis, 18 April 2019 - 13:03 WIB
TKD Sebut Jokowi-Maruf Amin Raup 90% Suara di Provinsi DIY
Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf DIY, Bambang Praswanto menggelar konferensi pers kemenangan pasangan 01 di DIY. Foto/iNews.id/Gunanto Farhan
A A A
YOGYAKARTA - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Maruf Amin DIY mengklaim capres-cawapres nomor urut 01 meraup 70% suara di Provinsi DIY dalam Pilpres 2019.

Selain dari sejumlah lembaga hitung cepat (quick count), hasil perolehan suara itu juga diperoleh dari saksi di TPS-TPS. Meski demikian, TKD meminta para pendukung pasangan 01 untuk tidak ber-euforia karena kepastian hasil perolehan suara masih menunggu hitung manual KPU.

Ketua TKD Jokowi-Maruf Amin DIY, Bambang Praswanto mengatakan, dari hasil hitung cepat perolehan suara pasangan Jokowi-Maruf Amin dari sejumlah lembaga survei mencapai 67%-70%. (Baca Juga: Jokowi-Maruf Amin Sapu Bersih Perolehan Suara di Jawa Tengah)

"Hasil perolehan suara ini juga diperoleh dari saksi yang ada di TPS-TPS di seluruh DIY. Kami juga masih menunggu hasil hitung manual dari KPU," katanya, Rabu (17/4/2019) malam.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Panembahan, Keraton, Yogyakarta.

TPS itu merupakan tempat Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama keluarganya menggunakan hak pilih di Pemilu 2019. Dalam penghitungan yang dilaksanakan KPPS, pasangan nomor urut 01 mendapatkan 172 suara, sedangkan Prabowo-Sandi hanya 55 suara dan empat suara lainnya dinyatakan tidak sah. Total ada 285 pemilih yang masuk dalam DPT dan ada 7 DPTb. Sebanyak 231 pemilih datang dan menggunakan hak suaranya.

Sedangkan di TPS 17 Klepu, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, DIY. TPS yang jadi tempat Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menggunakan hak pilihnya tersebut, pasangan nomor urut 01 ini mendapat 160 suara, sekaligus menang telak dari Prabowo-Sandi yang hanya meraih 51 suara.

Sementara pasangan capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno, menang mutlak di TPS 02 Desa Wijimulyo, Nanggulan, Kulonprogo.

Di TPS tempat Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo menggunakan hak pilihnya, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Maruf mendapatkan 81 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi meraup 253 suara dan tiga suara tidak sah. (Baca Juga: Kubu Prabowo Diminta Legowo Sikapi Hasil Quick Count Pilpres 2019)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2435 seconds (0.1#10.140)