alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nikmatnya Makan Siang dengan Ikan Goreng Tepung Saus Kecap Pedas

Diana Rafikasari
Nikmatnya Makan Siang dengan Ikan Goreng Tepung Saus Kecap Pedas
Ilustrasi ikan goreng tepung dengan cocolan saus kecap pedas. Foto/cncdietcentre.com

JAKARTA - Makan siang selalu menyenangkan bila bersama keluarga. Salah satu menu yang cocok untuk disantap bareng adalah ikan goreng tepung dengan cococlan saus kecap pedas.

Perpaduan renyahnya ikan dengan pedasnya saus kecap menawarkan rasa yang sulit untuk ditolak. Yuk, buat ikan fillet tepung saus kecap pedas untuk makan siang nanti, dan begini cara membuat serta resepnya sebagaimana melansir akun Instagram @masaktv. (Baca juga: Resep Sambal Krecek, Menu Makan Malam Anda Hari Ini)

Bahan-bahan:
1 ekor gurame fillet
1 sdt garam
1 sdt lada
1/2 jeruk nipis atau lemon
Minyak



Bahan pelapis kering:
8 sdm tepung terigu
3 sdm tepung sagu tani

Bahan pelapis basah:
1 sdm tepung terigu
1 sdm tepung sagu tani
1 btr telur
Garam
Lada

Bahan saus:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ siung bawang bombai
1 buah cabai merah besar
1 buah cabai rawit merah
1 buah tomat
5 sdm kecap
80 ml Air
Lada
Garam
Gula
Minyak atau margarin

Cara membuatnya:
1. Potong dadu besar ikan gurame, beri perasan jeruk nipis atau lemon dan garam, aduk rata. Campur semua bahan pelapis basah, sisihkan. Campur semua bahan pelapis kering. Baluri ikan ke dalam pelapis kering lalu masukkan ke dalam pelapis basah. Kemudian balur lagi dengan campuran pelapis kering. Goreng ikan gurame sampai coklat keemasan lalu tiriskan.

2. Untuk saus, panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang bombai sampai harum lalu tambahkan bawang putih. Masak hingga agak layu. Tambahkan cabai merah besar dan rawit. Aduk rata lalu tambahkan tomat. Tuang kecap dan air. Aduk rata lalu bumbui dengan lada, garam dan gula. Tambahkan air bila terlalu kental. Tuang saus ke atas ikan fillet tepung. Sajikan dengan taburan cabai atau parsley. Ikan fillet tepung saus kecap pedas siap dihidangkan.



(AMM)

loading...