alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tanah Longsor Bantul, ACT DIY Lanjutkan Pencarian Dua Korban Hilang

SINDOnews
Tanah Longsor Bantul, ACT DIY Lanjutkan Pencarian Dua Korban Hilang
Tim Disaster Emergency Response (DER)-ACT DIY mencari dua korban hilang dalam bencana tanah longsor di Wukirsari, Bantul. FOTO/IST

YOGYAKARTA - Tingginya curah hujan yang terjadi pada Minggu (17/3/2019) malam, tidak hanya menyebabkan banjir tapi juga longsor di beberapa wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Di desa ini, 1 warga dinyatakan meninggal dunia, 2 orang hilang, dan 1 orang mengalami luka-luka.

Menurut laporan Tedjo dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) yang tergabung dalam Tim Disaster Emergency Response (DER)-ACT DIY, ada 2 korban jiwa lain yang berasal dari luar Desa Wukirsari. Sehingga, total korban meninggal yang sudah berhasil dievakuasi dan dimakamkan ada 3 orang.

Sementara itu, dua orang yang dinyatakan hilang akibat tertimbun longsoran hingga Selasa (19/3/2019) siang masih dalam proses pencarian. (Baca juga: ACT DIY Turunkan Relawan Evakuasi Korban Banjir dan Longsor di Bantul)



"Hari ini sudah memasuki hari ketiga proses pencarian korban longsor, 2 orang masih belum ditemukan. Mereka adalah anak berusia 9 tahun bernama Rufi Kusuma Putri dan Eko Supatmi yang berusia 50 tahun," tutur Tedjo.

Selain Tim DER-ACT DIY, proses evakuasi juga dilakukan bersama Tim SAR Gabungan dari TNI/Polri dan juga instansi terkait. Sulitnya medan dan cuaca yang belum stabil membuat proses pencarian korban longsor memakan waktu berhari-hari. Bahkan untuk mempercepat proses penggalian juga melibatkan alat berat eskavator.

"Kami menggunakan tiga buah eskavator untuk membantu proses penggalian. Kami juga mendapatkan bantuan dari komunitas yang bergotong-royong ikut membantu," kata Haidar, salah satu anggota Tim DER-ACT DIY.



(AMM)

loading...