Hadiri Apel Kebangsaan, Tokoh Nasional Serukan Pentingnya Jaga NKRI

Minggu, 17 Maret 2019 - 12:44 WIB
Hadiri Apel Kebangsaan, Tokoh Nasional Serukan Pentingnya Jaga NKRI
Habib Luthfi dan sejumlah ulama dan tokoh nasional saat mengikuti Apel Kebangsaan di Lapangan Simpang Lima Semarang, Minggu (17/3/2019). FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Sejumlah tokoh nasional memberikan orasi kebangsaan dalam acara Apel Kebangsaan Kita Merah Putih di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Minggu (17/3/2019). Selain orasi, acara juga dilengkapi dengan doa dan salawat bersama.

Puluhan ribu masyarakat dari seluruh Jawa Tengah dan sekitarnya tumpah ruah di lokasi tersebut. Sambil berdiri dan duduk lesehan, mereka dengan khidmat mengikuti kegiatan yang bertujuan untuk mempersatukan bangsa itu.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof Mahfud MD mengatakan, kegiatan Apel Kebangsaan ini sangat bagus. Menurutnya, bagaimana pun dan apapun caranya, semua harus dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (Baca Juga: Apel Kebangsaan di Semarang, Slank Suarakan Gerakan Tendang Hoaks)

"Pemilu sekali pun, itu koridornya jangan merusak ikatan bangsa. Anda boleh milih siapa pun, tapi satu hal, jangan rusak ikatan kebangsaan. Rugi semua nanti," katanya.

Upaya menjaga keutuhan NKRI, lanjut dia, sangat penting. Semua langkah dan upaya bisa dilakukan, bisa seperti yang dilakukan Pemprov Jateng saat ini, yakni dengan Apel Kebangsaan, salawatan, mujahadah, dan doa bersama.

"Semua harus dilakukan agar bangsa ini selamat. Tidak ada dalil apapun yang membantah bahwa menjaga kebangsaan itu penting baik menurut konstitusi maupun secara agama. Maka dari itu, menjaga NKRI, UUD 45, Pancasila dan Merah Putih itu penting. Titik!," katanya.

Sejumlah tokoh nasional yang hadir memberikan orasinya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KH. Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto. (Baca Juga: Duet Sayang Nella-Ganjar Goyang Lapangan Simpang Lima Semarang)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.8393 seconds (0.1#10.140)