Dua WNA asal Inggris di Kota Salatiga Masuk DPT Pemilu 2019

Rabu, 06 Maret 2019 - 16:50 WIB
Dua WNA asal Inggris di Kota Salatiga Masuk DPT Pemilu 2019
Dua WNA berkebangsaan Inggris di Salatiga masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. FOTO/ILUSTRASI/SINDOnews
A A A
SALATIGA - Dua warga negara asing (WNA) berkebangsaan Inggris di Kota Salatiga masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Kedua WNA tersebut yakni Peter Jacob Weero yang berdomisili di RT 02/RW 13 Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti dan Lauchlan Campbell bermukim di Perum Salatiga Permai III No 10 RT 02/RW 12 Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga langsung mencoret dua nama WNA tersebut dari DPT Pemilu 2019. Dengan demikian, KPU tidak memberikan surat pemberitahuan atau form C6 kepada dua orang WNA tersebut.

"Kami mendapat informasi adanya dua nama WNA yang masuk dalam daftar DPT dari KPU pusat. Setelah dilakukan penelusuran ternyata benar dua nama tersebut merupakan WNA dan terinput di DPT. Kemudian dua nama tersebut kami coret dari DPT," kata Ketua Syaemuri Albab, Rabu (6/3/2019). (Baca Juga: Kemendagri Sebut 1.680 Warga Negara Asing Miliki E-KTP)

Menurut dia, KPU juga telah memberikan penjelasan kepada dua orang WNA tersebut bahwa mereka tidak memiliki hak pilih dalam Pemilu 2019. Temuan tersebut juga telah diberitahukan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Lebih jauh Syemuri mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga, jumlah WNA yang tinggal di Salatiga dan memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) sebanyak 7 orang. "Dua di antaranya terinput di DPT dan nama mereka sudah kami coret dari DPT," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3672 seconds (0.1#10.140)