BBTKLPP DIY Mulai Hari ini Tangani Uji Laboratorium Covid-19

Rabu, 18 Maret 2020 - 17:02 WIB
BBTKLPP DIY Mulai Hari ini Tangani Uji Laboratorium Covid-19
Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat meninjau BBTKLPP DIY yang mulai hari ini bisa melakukan uji laboratorium virus corona bagi warga DIY dan Jawa Tengah. Foto/Humas Pemda DIY
A A A
YOGYAKARTA - Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian penyakit (BBTKLPP) DIY mulai hari ini bisa melakukan pemeriksaan spesimen Covid-19. Ini berarti uji laboratorium untuk memastikan seorang pasien positif atau negatif terinfeksi virus corona bisa dilakukan di tempat ini.

Kepala BBTKLPP DIY Irene mengatakan, sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Nomor 01.07/Menkes/182/ 2020 tentang Jejaring Laboratorium Corona Virus Disease 2019 (Covid 19), BBTKLPP DIY menjadi salah satu tempat yang ditunjuk untuk uji sampel Covid-19. Dengan demikian uji sampel dari pasien dalam pengawasan (PDP) Corona tidak lagi harus ke Balai Besar Balitbangkes Jakarta.

"Jadi semakin cepat hasilnya ditemukan, maka semakin cepat melindungi masyarakat," katanya kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (18/3/2020). Kendati mulai hari ini sudah siap tapi dia berharap tidak lagi ada kasus PDP Corona. (Baca Juga: Satu Lagi Warga DIY Positif Corona)

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X juga sudah meninjau lokasi BBTKLPP. Sultan mengungkapkan, BBTKLPP merupakan salah satu laboratorium yang akan digunakan mengambil sampel untuk warga di DIY dan Jawa Tengah.

"Harapan saya pasien di Jateng-DIY bisa diselesaikan di tempat ini sehingga bisa lebih cepat diumumkan," katanya. (Baca Juga: Satu Balita di DIY Dinyatakan Positif Corona)

Pada prinsipnya, fasilitas ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Yogyakarta yang perlu secara cepat mengetahui pasien apakah positif atau negatif terinfeksi virus corona. "Namun sekali lagi kita tidak berharap kasus bertambah, tapi membaik. Sampai hari ini kan tercatat dua positif dan sisanya menunggu hasil uji lab. Mudah-mudahan negatif kan gitu," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9987 seconds (0.1#10.140)