Tangani Corona, Ganjar Minta Bantuan APD ke Kemenkes

Rabu, 18 Maret 2020 - 06:15 WIB
Tangani Corona, Ganjar Minta Bantuan APD ke Kemenkes
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan berkoordinasi dengan Kemenkes terkait kebutuhan alat pelindungan diri untuk penanganan corona. FOTO/DOK.HUMAS PEMPROV JATENG
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggandeng seluruh bupati dan wali kota di Jateng untuk bersatu menangani kasus pandemi corona. Seluruh rumah sakit di kabupaten/kota diminta untuk membantu dalam penanganan pasien Covid-19.

"Tapi kami minta bantuan, agar alat-alat di rumah sakit bisa dipenuhi khususnya APD (alat pelindung diri). Ini yang kami butuhkan nanti akan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan. Terus juga kebutuhan VTM, Virus Transport Media, yang mulai saat ini kita butuh banyak," kata Ganjar, Selasa (17/3/2020).

"Ini keluhan dari beberapa rumah sakit yang prinsipnya mereka semua siap (membantu)," katanya.(Baca Juga: Warga Semarang Positif Corona Meninggal Dunia di RSUP Kariadi)

Kekuatan sektor kesehatan yang dimiliki pemerintah tersebut, dari rumah sakit di bawah kelola Kementerian Kesehatan, Pemprov dan kabupaten juga bakal mendapat back-up dari beberapa rumah sakit swasta di Jawa Tengah.

"Ada juga partisipasi dari masyarakat yang menyampaikan rumah sakit yang dia miliki akan membantu provinsi dalam memperkuat penanganan pasien dan di antaranya saya minta pengobatan gratis," katanya.

Ganjar berharap upaya dari pemerintah dan lembaga kesehatan swasta tersebut juga diimbangi masyarakat dengan menerapkan pola hidup sehat. Sebab, cara menangkal Covid-19 utama yang ampuh adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Olahraga, makan yang bergizi dan sering-sering berjemur. Yang ada di rumah jemur semuanya karena itu bisa mengurangi. Biar kita punya benteng perlawanan yang bagus dari tubuh," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1182 seconds (0.1#10.140)