Rombongan Turis Australia Bebas Plesir di Jateng !

Jum'at, 13 Maret 2020 - 21:50 WIB
Rombongan Turis Australia Bebas Plesir di Jateng !
Para turis asal Australia saat menjalani pemeriksaan kesehatan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (13/3/2020). FOTO : SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Di tengah wabah virus Corona yang melanda, sebanyak 1.044 turis dari Australia diperbolehkan menikmati perjalanan wisata di Jawa Tengah. Kapal pesiar MV Columbus yang mengangkut mereka ini sempat ditolak di Surabaya namunjustru diperbolehkanbersandar di Dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (13/3/2020).

Diperbolehkannya para turis berkunjung ke Jateng, setelah hasil pemeriksaan kesehatan menunjukan semua penumpang di dalam kapal pesiar MV Colombus negatif Virus Corona.

Brand Manager Nusantara Tour Jawa Tengah, Anik Ningtiyas Suryani menyebutkan, kapal MV Columbus membawa 1.044 penumpang. Berdasarkan info yang ia terima bahwa semua penumpang telah dinyatakan sehat dan tidak ditemui gejala virus Corona atau Covid-19.

"Tadi saya mendapatkan laporan dari KKP bahwa semua penumpang dinyatakan sehat dan tidak ada tanda-tanda gejala virus Corona," ungkap Anik saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.(Baca Juga: Pasien Meninggal Dunia di RSUD Moewardi Solo Positif Corona
Menurutnya, para turis tersebut nantianya akan diajak berkunjung di beberapa destinasi wisata di Jawa Tengah, diantaranya, Candi Borobudur, Ambarawa, dan Semarang City Tour.

"Kalau yang untuk ke Borobudur itu ada 144 pengunjung, Ambarawa 104 pengunjung, dan Semarang City Tour ada 104 pengunjung," sebutnya.(Baca Juga: Hati-hati, di Solo Ada 62 Orang Masuk Karantina Mandiri
Dia menambahkan, turis yang bisa berwisata hanya 350 orang dan selebihnya tidak bisa ikut paket wisata karena seharusnya mereka datang pagi. Hal itu dikarenakan karena ada pemeriksaan penumpang sejak pagi hingga siang.

"Yang bisa ikut paket wisata itu cuma sekitar 350 pengunjung. Selebihnya tidak bisa karena sudah telat. Sehatusnya mereka datang pagi, karena ada pemeriksaan kesehatan akhirnya molor sampai siang," ujarnya.

Namun demikian, pihaknya tetap memberikan solusi agar para turis yang tidak bisa ikut paket wisata tidak bosan. Mereka akan diajak berkunjung ke sebuat pusat perbelanjaan di Kota Semarang.

Setelah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kapal pesiar MV Columbus akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Namun hingga kini pihak otoritas yang ada di Jakarta belum memberikan izin untuk bersandar di Jakarta.

Sementara, Kepala Dinkes Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menyatakan bahwa para penumpang kapal MV Columbus telah dinyatakan bersih dari virus Corona. "Tadi semua penumpang sudah dinyatakan clear dari virus Corona. Tidak ada gejala yang mengarah ke Virus Corona," tandasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1075 seconds (0.1#10.140)