Penjelasan BPPTKG soal Kondisi Terkini Gunung Merapi

Selasa, 03 Maret 2020 - 10:45 WIB
Penjelasan BPPTKG soal Kondisi Terkini Gunung Merapi
BPPTKG menyatakan suplai magma dari dapur magma Gunung Merapi hingga kini masih berlangsung. FOTO/ISTIMEWA
A A A
YOGYAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan (BPPTKG) menyatakan suplai magma dari dapur magma Gunung Merapi hingga kini masih berlangsung. Rangkaian letusan sejak November 2019 hingga saat ini serta aktivitas kegempaan VTA menjadi indikasi bahwa saat ini Merapi berada pada fase intrusi magma menuju permukaan.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan fase intrusi magma menuju permukaan ini merupakan fase ke-7 dari kronologi aktivitas erupsi Gunung Merapi sejak 2018 hingga 2020. Kejadian letusan semacam ini masih dapat terus terjadi sebagai indikasi bahwa suplai magma dari dapur magma masih berlangsung. Ancaman bahaya letusan ini berupa awan panas yang bersumber dari bongkaran material kubah lava dan lontaran material vulkanik.

"Jangkauan saat ini < 3 km berdasarkan volume kubah yang sebesar 396.000 m3 dari data drone pada 19 November 2019," katanya kepada wartawan di kantor BPPTKG Yogyakarta, Selasa (3/3/2020).(Baca Juga: Gunung Merapi Meletus, Kolom Letusan Capai 6 Km di Atas Puncak)

Dia berharap, masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kmdari puncak Merapi. "Hujan abu terjadi pada radius 10 Km dominan di utara Merapi dii Boyolali," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menerima laporan hujan pasir yang terjadi di Kecamatan Mriyan Boyolali. "Untuk hujan abu campur pasir pada jarak 3 km. Jadi di sekitar lereng Merapi," katanya.(Baca Juga: Dampak Abu Vulkanik Merapi, Bandara Adi Soemarmo Ditutup)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4148 seconds (0.1#10.140)