Gunung Merapi Meletus, Kolom Letusan Capai 6 Km di Atas Puncak

Selasa, 03 Maret 2020 - 07:24 WIB
Gunung Merapi Meletus, Kolom Letusan Capai 6 Km di Atas Puncak
Kolom asap akibat letusan Gunung Merapi pagi ini mencapai 6 kilometer di atas puncak. FOTO/TWITTER/@SukimanMerapi
A A A
YOGYAKARTA - Gunung Merapi kembali meletus pagi ini. Kolom asap akibat letusan gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah tersebut mencapai 6 kilometer di atas puncak.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, erupsi Gunung Merapi terjadi pada pukul 05.22 WIB dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik.

"Akibat erupsi teramati tinggi kolom sekitar 6.000 meter dari puncak," katanya kepada SINDOnews, Selasa (3/3/2020).(Baca Juga: Asap Putih Setinggi 150 Meter Menggantung di Puncak Merapi)

Dijelaskannya, selain ketinggian kolom juga terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur mencapai 2 km menuju ke tenggara atau ke hulu Kali Gendol. "arah angin menuju Utara dan status masih tetap Waspada atau level II," katanya.

Dia berharap masyarakat mewaspadai hujan abu akibat erupsi ini. Namun demikian warga diimhau tetap tenang. "Semua perubahan atau kejadian yang berkaitan dengan aktivitas gunung Merapi akan kami sampaikan ke publik," katanya.

(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2812 seconds (0.1#10.140)