RSUD dr Soewondo Kendal Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 - 15:28 WIB
RSUD dr Soewondo Kendal Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Corona
Dokter RSUD dr Soewondo, Didik Supriyadi mengatakan, ruangan isolasi mampu menampung tiga sampai empat orang. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Penyebaran virus corona terus meluas, tidak hanya di China, sejumlah negara pun telah mengonfirmasi adanya orang terinfeksi virus mematikan itu di wilayahnya. Sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Kendal mempersiapkan diri menghadapi virus tersebut meski belum ada yang positif terinfeksi.

Seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soewondo Kendal menyiapkan ruang isolasi untuk pasien terduga terjangkit virus corona. Ruangan itu pernah digunakan untuk perawatan pasien flu burung dan difentri beberapa waktu yang lalu. Ruangan yang masih dalam pembenahan ini dilengkapi peralatan medis dan dua kamar yang bisa menampung lebih dari empat pasien.

Petugas yang merawat pasien juga akan dilengkapi dengan pakaian khusus. Busana sekali pakai akan digunakan saat merawat pasien di dalam ruang isolasi. Cara pemakaiannya pun telah disimulasikan kepada perawat yang nantinya bertugas di ruang isolasi. (Baca Juga: RSUD Soewondo Kendal Gelar Simulasi Penanganan Virus Corona)

Dokter RSUD dr Soewondo, Didik Supriyadi mengatakan, ruangan isolasi mampu menampung tiga sampai empat orang. Perawat diberikan pengarahan penggunaan alat pelindung diri agar tidak ikut terpapar virus. Pemberian arahan dan simulasi ini dilakukan sebagai langkah kewaspadaan rumah sakit dalam penanganan pasien terduga terjangkit virus corona.

"Penanganan pasien hampir sampai dengan pasien flu burung atau sars, tapi untuk corona lebih meningkatkan kebersihan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1901 seconds (0.1#10.140)