RSUD Soewondo Kendal Gelar Simulasi Penanganan Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 - 14:53 WIB
RSUD Soewondo Kendal Gelar Simulasi Penanganan Virus Corona
RSUD dr Soewondo Kendal menggelar simulasi penanganan pasien yang terjangkit virus corona, Selasa (28/1/2020). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - RSUD dr Soewondo Kendal menggelar simulasi penanganan pasien yang terjangkit virus corona, Selasa (28/1/2020). Simulasi ini sebagai bentuk antisipasi merebaknya virus mematikan tersebut di Wuhan, China.

Simulasi diawali dari telepon yang diterima RSUD Soewondo Kendal yang mengabarkan bahwa di Puskesmas Kendal ada pasien yang mengeluh pusing, batuk, pilek, dan panas. Sebelumnya pasien berkunjung ke tempat saudaranya di Wuhan, China, beberapa hari lalu. Menerima laporan tersebut, sejumlah petugas rumah sakit mempersiapkan kedatangan pasien tersebut.

Pasien berusia 35 tahun itu dibawa dari puskesmas dengan mobil ambulance dan langsung diantarkan ke ruang isolasi Intalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Soewondo. Setelah diobservasi pasien akhirnya di bawa ke ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan khusus.

Humas RSUD dr Soewondo Kendal, Muhammad Wibowo mengatakan, simulasi ini merupakan persiapan rumah sakit dalam menangani pasien terinfeksi virus corona yang sedang merebak di beberapa negara. Dengan adanya simulasi ini diharapkan seluruh staf dan tenaga medis sigap dalam melakukan penanganan terhadap pasien terjangkit virus corona.

"Termasuk prosedur penanganan yang dilakukan tepat dan tidak menular ke orang lainnya," kata Muhamad Wibowo, Selasa (28/1/2020).

Untuk menangani pasien terjangkit virus corona, RSUD dr Soewondo menyiapkan dua ruang isolasi yang mampu menampung empat pasien.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1376 seconds (0.1#10.140)