Pemerintah Jangan Anggap Remeh Virus Corona

Minggu, 26 Januari 2020 - 19:25 WIB
Pemerintah Jangan Anggap Remeh Virus Corona
Pemerintah tidak boleh menganggap remeh penyebaran asal China atau novel coronavirus (nCoV). Foto: DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah tidak boleh menganggap remeh penyebaran virus ganas mematian asal China atau novel coronavirus (nCoV). Pemerintah harus bertindak cepat sebelum virus itu masuk dan menyebar di Indonesia.

”Pemerintah enggak boleh reaksioner. Artinya, hanya akan bertindak jika virus sudah benar-benar masuk ke Indonesia. Idealnya, lebih baik mencegah daripada mengobati," ujar anggota Komisi IX DPR Fraksi PPP, Anas Thahir saat dihubungi SINDOnews, Minggu (26/1/2020).

Anas pun mengapresiasi Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto yang sudah menenangkan masyarakat agar tidak panik. Namun, dirinya meminta agar jangan sampai anggap remeh sampai-sampai meniadakan kewaspadaan.

"Menkes di satu sisi sudah benar. Menenangkan masyarakat agar tidak panik. Tapi jangan kemudian akhirnya meniadakan kewaspadaan. Jangan menganggap remeh," jelasnya.(Baca Juga: Waspada Virus Ganas, Pemerintah Harus Periksa Ketat Turis China
Tak hanya itu, Anas juga meminta agar pemerintah dapat memberikan perkembangan informasi mengenai virus corona kepada masyarakat. Agar bisa meredam kekhawatiran masyarakat terkait virus yang sudah membunuh puluhan orang itu.

"Yang penting sekarang, disampaikan ke masyarakat bagaimana langkah konkret yang sudah dilakukan pemerintah untuk mencegah virus corona masuk ke Indonesia, lalu masyarakat diberitahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana harus bersikap," tuturnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6028 seconds (0.1#10.140)