alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Karanganyar Sumringah Memakai Mobil Dinas Jeep Rubicon

Ary Wahyu Wibowo
Bupati Karanganyar Sumringah Memakai Mobil Dinas Jeep Rubicon
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat naik mobil dinas baru, Jeep Wrangler Rubicon warna oranye Nopol AD 1 F usai rapat paripurna DPRD, Kamis (26/12/2019). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

KARANGANYAR - Bupati Karanganyar Juliyatmono sangat antusias menggunakan mobil dinas barunya, Jeep Wrangler Rubicon warna oranye nopol AD 1 F. Setelah dipakai perdana untuk rapat paripurna DPRD, mobil pelat merah buatan Amerika ini bakal dipakai kunjungan dinas ke daerah pegunungan.

"Sudah dipakai ini, baru dipakai ke DPRD. Ini dipakai perdana sekaligus bagian pertanggungjawaban di hadapan anggota dewan. Ini lho kendaraan dinas operasional untuk wilayah wilayah tertentu yang terjal. Karena kendaraan itu (Rubicon) offroad. Yang luar biasa di daerah gunung-gunung," kata Juliyatmono usai rapat paripurna di Gedung DPRD Karanganyar, Kamis (26/12/2019) sore.

Juliyatmono sebenarnya menginginkan warna hitam. Namun dalam pengadaan mobil dinas dengan nilai sekitar 1,9 miliar, adanya ternyata warna oranye. "Adanya warna itu (oranye), kalau boleh memilih warna hitam. Tapi yang disediakan itu ternyata," ungkap Juliyatmono. (Baca juga: Jeep Rubicon, Mobil Dinas Baru Bupati Karanganyar Mulai Mengaspal)



Meski begitu, hal itu tidak menyalahi aturan karena tidak menyebutkan warna di dalam kontraknya. Tidak ada aksesori tambahan di dalam mobil dinas yang pengadaannya sempat menimbulkan kontroversi tersebut.

Juliyatmono mengaku akan menggunakan mobil dinas Rubicon ke daerah-daerah pegunungan yang terjal, seperti Kecamatan Jatiyoso, Ngargoyoso, dan Jenawi. Ketinggian medan yang terjal dinilai cukup menantang sehingga dibutuhkan mobil yang handal.

Disinggung mengenai perawatan, Bupati menegaskan bahwa kondisinya baru dan tidak perlu dirawat. Bahan bakar yang dipakai adalah Pertamax dan diklaim lebih irit karena CC kendaraan 2.000. Namun dengan mesin turbo, maka hentakannya lebih kencang.

Bupati mengaku sempat mencoba sendiri mobil dinasnya ketika di rumah dinas. Dalam waktu, Juliyatmono akan memakai mobil itu ke daerah-daerah pegunungan, seperti proyek Waduk Jlantah di Kecamatan Jatiyoso.



(amm)