TNI Perlu Dilibatkan Tangani Teror Bakar Mobil di Jawa Tengah

Senin, 04 Februari 2019 - 12:39 WIB
TNI Perlu Dilibatkan Tangani Teror Bakar Mobil di Jawa Tengah
TNI dinilai perlu dilibatkan untuk menangani teror bakar mobil agar bisa menciptakan ketenangan di tengah masyarakat. FOTO/DOK.SINDOphoto
A A A
SEMARANG - Maraknya teror pembakaran kendaraan bermotor di Semarang Raya memicu keresahan warga. Aparat TNI dinilai perlu dilibatkan untuk patroli keamanan agar bisa menciptakan ketenangan di tengah masyarakat.

"Kami kira perlu koordinasi dengan TNI sehingga ini bisa bersama-sama untuk melakukan pemantauan sekaligus untuk mencegah, karena patroli sangat diperlukan sekali untuk mencegah tindakan-tindakan yang mengarah pada ketidaknyamanan masyarakat," kata Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Sabarudin Hulu, Senin (4/2/2019).

Menurutnya, agar aksi teror ini tidak terus berlanjut, dibutuhkan koodinasi antara Gubernur, Kapolda Jawa Tengah, dan Pangdam IV/Diponegoro. Koordinasi dimaksudkan agar masing-masing institusi bertindak sesuai kewenangannya. (Baca Juga: Teror Berlanjut, Motor Warga Semarang Kembali Jadi Sasaran Pembakaran)

Koordinasi antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah, akan menjadi bukti bahwa negara hadir untuk untuk memberi pengayoman kepada masyarakat. Terlebih menjelang perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2019, teror semacam ini akan sangat mudah diseret pada ranah politik.

"Kami dari Ombudsman senantiasa melakukan monitoring bagaimana pelayanan-pelayanan di kepolisian dan juga pemerintah daerah, supaya ini (teror) tidak mengganggu pelayanan publik kepada masyarakat," katanya.

Seperti diberitakan, teror pembakaran kendaraan bermotor terjadi di sejumlah daerah di Jateng. Pelaku kebanyakan bergerak pada pada dini hari sekitar pukul 03.00 WIB hingga menjelang subuh. Mereka menggunakan kain yang dibasahi minyak dan dibakar, kemudian dilempar ke kendaraan roda empat maupun roda dua yang berada di pinggir jalan atau di garasi rumah. (Baca Juga: Lagi, Teror Bakar Mobil Hantui Warga Semarang)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7605 seconds (0.1#10.140)