Mobil Dinas Bupati Karanganyar Jeep Rubicon, Ini Kata Pengamat Otomotif

Senin, 09 Desember 2019 - 17:45 WIB
Mobil Dinas Bupati Karanganyar Jeep Rubicon, Ini Kata Pengamat Otomotif
Mobil Jeep Wrangler Rubicon yang bakal menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar Juliyatmono dinilai terlalu mewah. FOTO/goldsborocars.com
A A A
SOLO - Mobil Jeep Wrangler Rubicon yang bakal menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar Juliyatmono dinilai terlalu mewah. Meski cocok untuk medan Kabupaten Karanganyar yang sebagian berada di lereng Gunung Lawu, tapi ada mobil merek lain yang memiliki kemampuan tak kalah dengan Rubicon.

Pengamat otomotif Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Triyono mengatakan, Jeep Wrangler Rubicon memang desain untuk offroad. Mobil menggunakan sistem penggerak 4 x 4 atau 4WD dengan power yang besar. "Kalau untuk medan seperti Karanganyar yang di antaranya pegunungan, memang cocok sekali. Termasuk juga melewati medan berlumpur, atau tanjakan yang ekstrem sekali," kata Triyono kepada SINDOnews, Senin (9/12/2019).

Meski demikian, ada merek mobil lain yang harganya lebih murah tapi tetap bisa diandalkan dengan kondisi medan di Karanganyar. Seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero sebenarnya sudah cukup. "Sudah bisalah kalau mau naik ke Beruk atau Candi Cetho sudah cukup," ujarnya. (Baca Juga: Polemik Jeep Wrangler Rubicon, Mobil Dinas Baru Bupati Karanganyar)

Menurut Triyono, medan di wilayah pegunungan di Karanganyar, kondisinya tidak terlalu ekstrem. Selain itu, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero juga telah dilengkapi fasilitas guna mengantisipasi kondisi di pegunungan, seperti ketika melewati turunan.

Kedua jenis mobil ini juga bisa dipakai untuk kondisi offroad. "Selain itu harganya juga tidak membuat orang tercengang. Kondisinya juga sudah mewah, dan rodanya juga besar besar," katanya.

Jika memakai Fortuner atau Pajero, tentunya dapat lebih menghemat anggaran. Selain itu, dalam perawatan harian juga lebih mudah karena layanan servis sudah ada di Solo. Berbeda halnya dengan Jeep Wrangler Rubicon yang sepertinya harus dibawa ke Jakarta.

Namun diakui Triyono, dari sisi kualitas mobil Jeep Wrangler Rubicon memang bagus. "Kalau dibandingkan dari harganya, memang ada harga ada rupa," ucap Kepala Program Studi (Kaprodi) S3 Teknik Mesin, Fakultas Teknik UNS ini. (Baca Juga: Mengenal Jeep Wrangler Rubicon, Calon Mobdin Baru Bupati Karanganyar)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2399 seconds (0.1#10.140)