Cuaca Ekstrim, Jalur Pendakian Sindoro via Kledung Ditutup

Selasa, 29 Januari 2019 - 20:26 WIB
Cuaca Ekstrim, Jalur Pendakian Sindoro via Kledung Ditutup
Pendakian Gunung Sindoro melalui jalur Kledung, Temanggung ditutup sementara pada 10 - 28 Februari 2019. FOTO/IST
A A A
TEMANGGUNG - Kegiatan pendakian Gunung Sindoro melalui jalur Kledung, Kabupaten Temanggung akan ditutup sementara pada 10 - 28 Februari 2019. Jalur pendakian Kledung akan dibuka kembali pada 1 Maret 2019. Penutupan dilakukan setelah memperhatikan kondisi cuaca yang cenderung ekstrim.

Plt Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi menjelaskan, penutupan kegiatan pendakian Gunung Sindoro melalui jalur Kledung diumukan oleh Gabungan Remaja Sindoro (Grasindo) tertanggal 28 Januari 2019. Dalam pengumuman Grasindo Nomor : 01/SE/PNT/II/2019 disebutkan, kondisi cuaca di jalur pendakian Kledung cenderung semakin memburuk dan sering terjadi hujan deras.

"Kondisi ini bisa membahayakan keselamatan pendaki. Karena itu, kegiatan pendakian Gunung Sindoro melalui jalur Kledung, Temanggung ditutup sementara," terangnya, Selasa (29/1/2019).

Selain untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan terhadap pendaki, kata Gito, penutupan jalur pendakian Kledung juga dalam rangka revitalisasi ekosistem.

"Penutupan jalur pendakian Kledung juga untuk pemulihan ekosistem di jalur pendakian tersebut. Ini juga bagian dari upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan serta satwa di gunung berketinggian sekitar 3.153 Mdpl itu," ucapnya.(Baca Juga: Hujan Deras, Warga Lereng Merapi Diimbau Waspada Banjir Lahar(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8925 seconds (0.1#10.140)