Hujan Deras, Warga Lereng Merapi Diimbau Waspada Banjir Lahar

Kamis, 24 Januari 2019 - 22:40 WIB
Hujan Deras, Warga Lereng Merapi Diimbau Waspada Banjir Lahar
Warga di lereng Gunung Merapi diimbau untuk mewaspadai banjir lahar menyusul hujan yang menguyur puncak gunung. FOTO/ILSUTRASI
A A A
SEMARANG - Warga di lereng Gunung Merapi diimbau untuk mewaspadai banjir lahar, menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan puncak Merapi. Hujan deras terpantau dari sejumlah titik pengamatan di antaranya Pos PGA Ngepos, Babadan, dan Kaliurang.

“Terjadi hujan pukul 16.05 WIB dan sampai saat ini masih berlangsung. Sementara itu curah hujan di Pasar Bubar Merapi mulai pukul 16.20 WIB,” tulis petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), dilansir dari akun resmi Twiter @BPPTKG, Kamis (24/1/2019).

“Masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai-sungai yang berhulu di Merapi diimbau untuk mewaspadai bahaya lahar,” tambahnya.

Selain itu, hujan juga terpantau dari Pos PGM Selo. Hujan deras disertai angin mulai pukul 16.15 WIB. Dari PGM Babadan Merapi terpantau berkabut dan cuaca mendung. Sementara hujan mulai teramati terjadi pukul 16.15 WIB, hingga malam masih berlangsung.

“Dari PGM Ngepos, visual Merapi berkabut, hujan mulai pukul 16.15 WIB. Sementara via PGM Kaliurang visual Merapi berkabut cuaca mendung dan hujan. Angin bertiup kencang ke arah timur. PGM Selo, Jrakah, dan Kaliurang juga terpantau hujan,” terangnya.(Baca juga : Volume Kubah Lava Merapi Pekan Ini Capai 453.000 Meter Kubik )
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.1178 seconds (0.1#10.140)