alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mundur dari ASN dan Dosen UIN, Ini Alasan Ustaz Abdul Somad

Banda Haruddin Tanjung
Mundur dari ASN dan Dosen UIN, Ini Alasan Ustaz Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad. Foto/SINDOnews

PEKANBARU - Secara tiba-tiba Ustaz Abdul Somad (UAS) memutuskan berhenti menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) di UIN (Universitas Islam Negeri) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. Lalu apa alasan dai yang paling hobi berdakwa di pelosok ini mengundurkan diri sebagai abdi negara?.

Plt Wakil Rektor II UIN Suska Riau Ahmad Supardi, menegaskan bahwa alasan UAS berhenti dari dosen dan PNS karena mau fokus safari dakwah untuk mencerdaskan umat. Pihak UIN pun tidak bisa mencegahnya. "UAS mengundurkan diri karena berbagai kesibukkannya," tegas Ahmad Supardi, Selasa (15/10/2019).

Sebelum menyatakan mengundurkan diri, UAS mengajukkan permohonan cuti mengajar di UIN Suska Riau. UAS cuti karena melanjutkan studinya Strata 3 (S3) di Omdurman Islamic University (OIU), Sudan dengan Program Studi Kosentrasi Al Suhnah wa Ulumul Hadist.



"Mungkin ada hal atau tugas tugas dirinya sebagai PNS yang terkendala sehingga beliau menyatakan mundur," tegasnya.

Saat ini proses pengunduran diri dai kelahiran Asahan, Sumatera Utara tersebut yang berdomisili di Pekanbaru sedang tahap proses di rektorat dan Kementerian Agama RI. "Biasanya proses untuk pensiun dininya tidak lama," tandasnya.

Ahmad Supardi menambahkan, Ustaz Abdul Somad yang merupakan dosen ilmu hadist ini mundur dengan menulis surat resmi ke rektorat UIN Suska Riau. Surat dari Ustaz Abdul Somad ini dikirim melalui orang kepercayaannya.

"Pak UAS mengirim surat tertulis, kira-kira seminggu lalulah. Bukan beliau langsung yang mengirimnya," imbuhnya.

Saat ini pihak rektorat sedang mengurus surat pengunduran diri. Pihak Rektorat UIN juga akan menembuskan surat pengunduran diri UAS kepada pihak Kementerian Agama (Kemenag) RI. "Setelah diproses di UIN, rektor akan berkoordinasi ke Kemenag RI. UAS pensiun dini," jelasnya.



(nun)

loading...