KA Prameks Tampil dengan Wajah Baru, Seragam Berwarna Putih

Selasa, 15 Oktober 2019 - 16:37 WIB
KA Prameks Tampil dengan Wajah Baru, Seragam Berwarna Putih
Tampilan KA Prameks yang diseragamkan dengan warna putih. FOTO/DOK.KAI
A A A
SOLO - Kereta Prambanan Ekspres ( Prameks ) Jurusan Solo-Yogyakarta (PP) bakal tampil dengan wajah baru. Empat trainset KA lokal yang selama ini bermotif warna warni bakal diseragamkan dengan warna putih.

" Prameks saat ini ada yang motif batik, warna kuning, dan merah putih, bakal diseragamkan dengan warna putih," kata EVP Daop 6 Yogyakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI) , Eko Purwanto dalam siaran pers, Selasa (15/10/2019).

Perubahan warna sebetulnya bukan tujuan utama. Namun pihaknya lebih mengedepankan aspek kehandalan sarana dan kenyamanan pengguna jasa KA Prameks . Selain perbaikan eksterior seperti pengecatan, komponen mesin dan alat bantu lainnya juga diutamakan. Pihaknya memprogramkan sampai akhir tahun, semua KA lokal termasuk KA Prameks harus ber-AC.

Tercatat pengguna jasa KA Prameks dari tahun ke tahun naik sangat signifikan. Dari data yang ada, dalam satu hari, trayek perjalanan KA Prameks sebanyak 21 trip melayani relasi Yogyakarta-Solo, Yogyakarta-Kutoarjo PP. Adapun jumlah penumpang periode 2016 sebanyak 2.973.891 orang, 2017 sebanyak 3.650.144 orang, dan 2018 mencapai 3.940.671 orang.

"Dan untuk tahun 2019, mulai awal Januari hingga Agustus, sebanyak 2.537.023 penumpang," katanya.

Diperkirakan jumlah peminat KA comuter Prameks dari tahun ke tahun akan terus mengalami peningkatan. Dengan jumlah empat armada pramek yang dioperasikan, saat ini masih banyak penumpang yang tidak mendapatkan tiket. Sehingga harus rela menggunakan KA lain (terusan) ketika jumlah penumpang KA Pramek sudah melebihi quota, yakni 100% duduk dan 50% berdiri.

Selain itu, pihaknya juga telah siap mendukung operasional Bandara Yogyakarta Internaional Airport (YIA) maupun operasional Bandara International Adi Sumarmo. PT KAI Daop 6 Yogyakarta sudah mempersiapkan empat trainset KA. Masing-masing dua trainset untuk melayani relasi Solo-Bandara Adi Sumarmo, dan dua trainset untuk memberikan pelayanan dari Yogykarta ke Wojo (Bandara YIA). "Setidaknya ada 10 perjalanan KA PP menuju Bandara YIA," katanya.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta Eko Budiyanto melanjutkan, perubahan wajah Pramek sudah mulai berlangsung dua pekan lalu. Dua KA Pramek sudah berganti warna putih, dan sisanya dalam proses. Ditargetkan akhir 2019 sudah berganti warna seluruhnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7119 seconds (0.1#10.140)