alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Keluarkan Awan Panas, Wisata di Lereng Merapi Masih Aman

Priyo Setyawan
Keluarkan Awan Panas, Wisata di Lereng Merapi Masih Aman
Objek wisata di lereng Merapi masih aman dikunjungi meski ada aktivitas Gunung Merapi. FOTO/TRAVELING YUK

YOGYAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali mengeluarkan informasi terkait Gunung Merapi yang mengeluarkan awan panas guguran.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan petugas BPPTKG pada Selasa (15/10/2019) pukul 00.04 WIB, awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo max 53 mm dan durasi ± 102 detik. Awan panas tidak terpantau secara visual karena cuaca berkabut.

BPPTKG pun mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi. Rekomendasi jarak bahaya 3 kilometer dari puncak. Di luar radius tersebut masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. Status waspada sejak 21 Mei 2018.



Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan mengatakan kondisi saat ini masih aman terkendali dan belum ada perkembangan terbaru. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat tidak panik dan beraktivitas seperti biasa serta memantau perkembangan dari instansi yang berwenang.

Kepala Dinas Pariwista (Dispar) Sleman Sudarningsih mengatakan objek wisata di lereng Merapi masih aman dikunjungi meski ada aktivitas Gunung Merapi. Untuk perkembangan sendiri terus meng-update dan berkoordinasi dengan BPPTKG dan BPBD Sleman.

"Untuk wisata kami tetap berpedoman pada rekomendasi BPPTKG. Namun tetap mengimbau wisatawan, utamanya minat khusus, untuk hati-hati dan segera turun jika ada informasi status naik, jangan sampai ada korban," katanya.



(amm)

loading...