alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pasca Keluarnya Awan Panas, Warga Lereng Merapi Tetap Beraktivitas Normal

Ary Wahyu Wibowo
Pasca Keluarnya Awan Panas, Warga Lereng Merapi Tetap Beraktivitas Normal
Pasca Keluarnya Awan Panas, Warga Lereng Merapi Tetap Beraktivitas Normal. Foto/Dok.@Twitter BBPTKG

BOYOLALI - Masyarakat di lereng Gunung Merapi di Kecamatan Selo, Boyolali tetap beraktivitas normal pasca keluarnya awan panas yang berlangsung Senin (14/10) sore kemarin. Mereka melakukan rutinitas keseharian namun tetap waspada terhadap kondisi Merapi.

Sekretaris Desa (Sekdes) Tlogolele Neigen Achtah Nur Edy Saputra mengatakan, suasana pagi ini berkabut namun masyarakat tetap beraktivitas seperti biasanya. Malam hari setelah Merapi mengeluarkan awan panas, warganya melakukan ronda malam guna memantau kondisi secara visual. “Semalam kami di Dusun Stabelan, semua tidak terlihat dan tertutup,” kata Neigen saat dihubungi Sindonews Selasa (15/10) pagi.

Namun dari informasi yang didapatnya dari otoritas yang berwenang, pada pukul 21.00 WIB ada guguran. “Semalam para pemuda dan tim siaga desa berjaga jaga untuk memantau berbagai kemungkinan yang terjadi,” urainya. Mengenai hujan abu yang sempat mengguyur Dusun Stabelan, Desa Tlogolele pasca keluarnya awan panas, hal itu tidak terlalu berpengaruh terhadap pertanian warga.



Sebab rata rata tanaman pertanian masyarakat sudah banyak yang dipanen. Karena belum memasuki musim hujan, masyarakat kini baru menyiapkan lahannya kembali agar siap ditanami lagi. “Tanamannya belum banyak, habis tembakau kemarin belum turun hujan. Sehingga masyarakat belum banyak yang menanam. Baru membuat tempat untuk menanam,” terangnya.

Tak jauh berbeda diungkapkan Tumar, Kepala Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali. Meski sempat kaget, namun masyarakat tetap beraktivitas seperti sediakala.



(mif)

loading...