alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gempa Berkekuatan 5 SR Guncang Cilacap, Warga Rasakan Getaran

Abdul Malik Mubarok
Gempa Berkekuatan 5 SR Guncang Cilacap, Warga Rasakan Getaran
Gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Cilacap dan sekitarnya, Senin (14/10/2019) pukul 18.33 WIB. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Cilacap dan sekitarnya, Senin (14/10/2019) pukul 18.33 WIB. Warga merasakan guncangan kecil yang berlangsung sebentar.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada pada titik koordinat 8,45 Lintas Selatan (LS) dan 109,28 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut 85 kilometer Tenggara Cilacap dengan kedalaman 10 km.

Dari catatan BMKG, getaran gempa dirasakan dalam skala MMI II Bantul, II Kulonprogo, II Kota Yogyakarta, II Purworejo, II Cilacap, dan II Kebumen. Tidak ada potensi kerusakan yang ditimbulkan dari gempa ini.



Warga Kalisabuk, Kabupaten Cilacap, Aftin Najichah mengaku merasakan getaran gempa tapi tidak terlalu besar. Getaran juga berlangsung dalam waktu singkat. "Cuma getaran sebentar banget," katanya kepada SINDOnews, Senin (14/10/2019) malam.

Meski getaran gempa kecil, Aftin mengaku keluar rumah untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun ternyata di luar rumah sepi karena banyak warga yang tidak merasakan getaran gempa.

"Saya keluar rumah tapi sepi, ternyata banyak yang tidak kerasa (gempa)," katanya.



(amm)

loading...