Sineas Kendal Bikin Film Pendek Kalang Obong, Siap Tayang di 17 Negara

Senin, 14 Oktober 2019 - 16:15 WIB
Sineas Kendal Bikin Film Pendek Kalang Obong, Siap Tayang di 17 Negara
Sineas Kendal sedang membuat film pendek tentang Kalang Obong, tradisi upacara kematian Suku Kalang Desa Tunggulsari, Kecamatan Brangsong, Kendal. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Kalang Obong, tradisi upacara kematian Suku Kalang akan diangkat menjadi tema film pendek. Film kerja sama sineas lokal Kendal dan Viu Indonesia itu rencananya ditayangkan di 17 negara pada Maret 2020 dan diikutkan dalam sejumlah festival film bertaraf internasional.

Syuting film Kalang Obong dilakukan di Desa Tunggulsari, Kecamatan Brangsong, Kendal selama dua hari. Film mengambil latar pedesaan dan tempat wisata Kedung Pengilon Kendal.

Ketua tim Inisiasi Komisi Film Daerah Kendal, Ardian Joeniarko mengatakan, tema yang diangkat dalam film Kalang Obong adalah konflik rasional dan budaya. Dalam ceritanya, seorang perempuan Suku Kalang menjalin hubungan dengan laki-laki milenial. Suatu saat laki-laki tersebut melihat ritual Kalang Obong dan muncul konflik serta cinta.

"Pembuatan film dilakukan setelah talenta dan kreatif muda Kendal mendapatkan workshop dan dilanjutkan pematangan ide cerita film pendek," kata Ardian Joeniarko, Senin (14/10/2019).

Bupati Kendal Mirna Annisa mengapresiasi pembuatan film pendek Kalang Obong karena industri kreatif di Indonesia, khususnya Kendal memiliki peluang besar untuk terus dikembangkan. Industri ini diyakini akan mampu menjadi motor penggerak baru bagi kegiatan ekonomi dalam negeri.

"Film juga merupakan pintu masuk dari sektor pariwisata," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3741 seconds (0.1#10.140)