Embung Merdeka Diterangi PJU Tenaga Matahari

Senin, 14 Oktober 2019 - 10:00 WIB
Embung Merdeka Diterangi PJU Tenaga Matahari
Anggota DPR RI Gandung Pardiman secara simbolis menyerahkan miniatur PJU-TS kepada Bupati Bantul, Suharsono disaksikan pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. FOTO/SINDOnews/Ainun Najib
A A A
BANTUL - Embung Merdeka di Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Bantul sekarang tak lagi gelap di malam hari. Di tempat itu saat ini sudah dipasang lampu tenaga surya bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

Seremoni peresmian penggunaan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) itu dilakukan Minggu (13/10/2019). Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Gandung Pardiman dan Bupati Bantul, Suharsono secara simbolis memukulkan kendi berisi air ke tiang PJU-TS di tepi jalan yang membelah embung tersebut sebagai tanda diresmikannya penggunaan PJU ini.

Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM, Ratdomopurbo yang diwakili Mustafa Hanafi, sejumlah anggota DPRD Bantul, Camat Bambanglipuro, Kepala Desa Sumbermulyo dan sejumlah tokoh masyrakat setempat.

PJU-TS ini diklaim lebih hemat dibanding PJU yang menggunakan listrik dari PLN. Pasalnya listrik dipasok dari tenaga matahari. Berbeda engan PJU biasa, di bagian atas dari PJU-TS ini terpasang panel yang berfungsi untuk menangkap cahaya matahari.

“Fasilitas ini dapat memotivasi percepatan pembangunan di Kabupaten Bantul. Dalan kudu alus, lampu kudu gebyar-gebyar,” terang Suharsono.

Orang nomor satu di Kabupaten Bantul itu mengajak semua pihak khususnya warga setempat untuk ikut menjaga fasilitas ini. “Mari kita jaga fasilitas ini. Harapanya ini berlanjut tahun depan dapat lagi,” ujarnya.

Lampu PJU-TS ini bagian dari aspirasi anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Gandung Pardiman. Dalam sambutanya Gandung mengaku puas jika dirinya bisa hadir dan berkarya di tengah-tengah masyarakat. Gadung menyebut kepeduliannya terhadap pembangunan desa jauh sebelum lahirnya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Saat menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014, Gandung sudah menyampaikan jika desa-desa perlu dialokasi dana Rp 1 miliar. “Dulu orang nggak percaya. Dai mana duitnya sebesar itu. Namun sekarang ini menjadi kenyataan,” ujarnya di hadapan ratusan warga Sumbermulyo yang menghadiri acara peresmian PJU-TS

Dalam kesempatan itu Gandung juga kembali menyatakan komitmennya untuk terus memajukan desa. “Sebagi satu-satunya anggota DPR RI asal DIY yang putra asli Bantul, kewajiban kita untuk memajukan kabupaten ini,” terangnya.

Sementara itu Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM, Ratdomopurbo menyebut fasilitas PJU-TS ini sangat cocok untuk daerah yang belum terjangkau listrik dari PLN dan juga bisa diaplikasikan di kawasan perkotaan. PJU-TS ramah lingkungan lantaran menggunakan energi listrik. “Dengan lampu jenis LED lebih irit dan terang. Usia pakainya juga lebih panjang,” terangnya.

Ratdmonopurbo menyebut secara nasional ada 22.550 titik PJU-TS yang terpasang. Khusus di DIY saat ini sudah ada 600 unit yang tersebar di wilayah Kabupaten Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5654 seconds (0.1#10.140)