Ganjar: Olahan Sampah Bernilai Ekonomis dan Bermanfaat Bagi Lingkungan

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 19:00 WIB
Ganjar: Olahan Sampah Bernilai Ekonomis dan Bermanfaat Bagi Lingkungan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat beraudiensi dengan peserta Konggres Sampah 2019 yang digelar di Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu (12/10/2019). FOTO/SINDOnews/Angga Rosa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, segala bentuk olahan dan pemanfaatan sampah yang ditunjukkan sejumlah kelompok dalam Konggres Sampah 2019 bermanfaat bagi lingkungan serta memiliki nilai ekonomis. Inovasi pengolahan sampah ini bisa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

"Ini (inovasi pengolahan sampah) karya anak bangsa yang luar biasa. Karena bisa mengurangi sekaligus memanfaatkan. Bukan hanya ekonomis tapi juga manfaat untuk lingkungan," kata Ganjar saat mengunjungi stand inovasi pengelolaan sampah yang digelar dalam Konggres Sampah 2019 di Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarant, Sabtu (12/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mengajak masyarakat Jawa Tengah untuk duduk bersama menyelesaikan persoalan lingkungan hidup agar kehidupan lebih baik dan menyambut pembangunan berkelanjutan.

“Lingkungan terjaga sampah terkelola. Dan bisa mempertanggungjawabkan sampah kita pada kehidupan," ujarnya.

Sementara itu, saat berkeliling stand inovasi pengelolaan sampah, Ganjar membeli tas dari plastik dan sandal yang terbuat enceng gondok. Untuk Enceng Gondok memang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk beragam kerajinan. Selain sandal ada juga topi, piring, keranjang, kursi lantai bahkan kotak jajanan.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0634 seconds (0.1#10.140)