alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nikmatnya Makan Siang dengan Bacem Paru Sapi

Tedy Ahmad
Nikmatnya Makan Siang dengan Bacem Paru Sapi
Mau makan siang di akhir pekan ini dengan menu yang berbeda? Anda bisa membuat Bacem Paru Sapi. Membuatnya pun cukup mudah. Foto/Instagram.

JAKARTA - Jika anda sudah bosan dengan olah daging, ayam, atau ikan, bacem Paru Sapi bisa menjadi pilihan bersantap siang hari ini. Soal rasa, makanan ini bisa menjadi favorit keluarga.

Membuatnya pun cukup mudah. Rebus paru bersama bumbu dengan api sedang. Tambahkan bumbu halus yang sudah disiapkan hingga tahap terakhir goreng dengan minyak secukupnya.

Untik lengkapnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara mengolahnya.



Bahan 1:
500 g Paru Sapi
4 lembar Daun Salam
1½ sdm Desaku Ketumbar Bubuk
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
½ sdt Ladaku Merica Bubuk
2 sdt Garam
1.250 ml Air Kelapa

Bahan 2: (haluskan)
6 siung Bawang Putih
4 buah Bawang Merah
5 cm Lengkuas
3 butir Kemiri, goreng
¼ sdt Jintan Bubuk
1 kelereng Asam Jawa (tanpa biji)
50 ml Air

Bahan 3:
1 sdm Gula Pasir
75 g Gula Merah, sisir
2 sdm Kecap Manis
400 ml Minyak Goreng

Cara membuat:
Rebus bahan 1 dengan api sedang dan panci tertutup. Haluskan bahan 2. Tuang bumbu halus ke dalam rebusan, rebus hingga ¾ matang selama 20 menit. Kecilkan api, angkat paru, kemudian potong sesuai selera.

Masukkan kembali paru ke dalam rebusan. Tambahkan gula pasir, gula merah dan kecap manis, rebus kembali hingga bumbu meresap selama 15 menit. Matikan api dan biarkan paru tetap terendam dalam air rebusan hingga menjadi dingin (suhu ruang), angkat dan tiriskan.

Panaskan minyak goreng (minyak hangat, tidak boleh terlampau panas minyaknya). Goreng paru #bacem hingga berwarna pekat dan tercium aroma caramel. Hidangkan selagi hangat.



(nun)

loading...