alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Telan Kekalahan, Inggris Tertunda ke Putaran Final

Shalahuddin
Telan Kekalahan, Inggris Tertunda ke Putaran Final
Pelatih Gareth Southgate mengakui timnas Inggris tampil tidak cukup baik saat menelan kekalahan 1-2 dari Republik Ceko, Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB/Foto/Reuters

PRAHA - Timnas Inggris menelan kekalahan 1-2 dari Republik Ceko pada penyisihan Grup A kualfikasi Piala Eropa 2020, Jumat (11/10/2019) malam waktu lokal, atau Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB. Pelatih Gareth Southgate mengakui tim asuhannya tampil tidak cukup baik.

Inggris memuncaki Grup A menjelang pertandingan di Eden Arena setelah mengamankan nilai maksimum 12 poin dari empat pertandingan. Kemenangan akan membawa mereka ke putaran final dengan tiga pertandingan tersisa.

Alih-alih melanjutkan tren kemenangan, The Three Lions justru mendapat tekanan dari tuan rumah, meski mereka membuat awal yang positif ketika kapten Harry Kane sukses mengonversi tendangan penalti pada menit kelima.



Tapi, keunggulan itu hanya bertahan kurang dari lima menit ketika Jakub Brabec menghukum pertahanan yang ceroboh dengan mencetak gol penyama kedudukan dari sudut di menit kesembilan.

Pasukan Jaroslav Silhavy akhirnya memastikan tiga angka setelah Zdenek Ondrasek yang datang dari bangku cadangan mencetak gol kemenangan di babak kedua, tepatnya menit ke-85.

Ini kekalahan kualifikasi pertama Inggris sejak 2009, mengakhiri perjalanan 43 pertandingan tanpa kekalahan. "Kami memiliki banyak kredit dalam dua tahun terakhir tetapi kami tidak melakukan cukup banyak untuk menang," katanya kepada ITV Sport.

"Pertunjukannya tidak cukup baik, sesederhana itu. Mungkin kami seharusnya mendapat hasil imbang tetapi gol yang kami kebobolan adalah tipikal dimana kami kerap kebobolan dengan cara itu."

"Saya pikir ada hal-hal yang dapat kita lihat kembali, secara kolektif tidak cukup penampilan bagus."

"Kami mencoba mengubah bentuk di babak pertama dan itu tidak berhasil seperti yang kami harapkan. Kami memulai lebih baik di babak kedua dan memiliki peluang bagus untuk memenangkan pertandingan."

"Tapi, kami kebobolan terlalu, banyak peluang buruk. Kami tahu kami harus sepenuhnya siap menghadapi Republik Ceko, tetapi kami seharusnya cukup kuat untuk berurusan dengan mereka."

Kekalahan ini membuat Inggris dibayangi Republik Ceko di papan klasemen Grup A. The Three Lions masih memuncaki klasemen dengan 12 poin setara raihan Republik Ceko di peringkat kedua yang memainkan satu laga lebih banyak.

Inggris, Semifinalis Liga Bangsa-Bangsa melanjutkan kampanye kualifikasi mereka di markas Bulgaria, Senin (14/10/2019). Southgate memiliki banyak hal untuk dikerjakan dengan pasukannya, yang tanpa bek kiri Danny Rose yang diskors setelah menerima kartu kuning.



(mif)

loading...