Penyerangan Wiranto Diduga Terlatih Gunakan Kunai

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 06:00 WIB
Penyerangan Wiranto Diduga Terlatih Gunakan Kunai
Penyerangan Wiranto Diduga Terlatih Gunakan Kunai. Foto/Antara/Weli A
A A A
SEMARANG - Penyerang Menko Polhukam Wiranto diduga terlatih menggunakan senjata kunai.

"Yang perlu ditelaah lebih lanjut adalah terkait dengan senjata yang dipakai. Senjata ini perlu diselidiki, kan tidak bisa itu datang dengan tiba-tiba. Apakah ini dibuat sendiri atau ada yang membuat dan bagaimana cara menggunakan itu," kata pengamat terorisme Najahan Musyafak, Jumat (11/10/2019).

Dia mengatakan, terduga pelaku terlihat piawai menggunakan senjata tajam tersebut. "Semua (senjata) ada tekniknya. Teknik itu kan tidak bisa semua orang (bisa), karena bisa saja malah melukai diri sendiri. Jadi ada how to operate (mengoperasikan senjata), dia sudah mempelajari bagaimana menggunakan senjata ini," terangnya.

"Kemudian dari sisi korban di Pak Wiranto ada dua kali (tusukan) artinya dua kali itu kesempatannya itu kan dia punya cukup waktu untuk menyerang. Itu ditusuk kemudian ditarik dan ditusuk lagi, sesuai keterangan dokter kan dua kali tusukan," beber dia.

Najahan juga menilai, pelaku telah mempersiapkan diri selain memilih jenis senjata juga cara penggunaannya. Jenis pisau yang meruncing dengan dua sisi tajam akan berdampak luka yang lebar bisa ditusukkan ke korban.

"Artinya ini juga merupakan salah satu kegiatan yang direncanakan. Kemudian informasi Pak Wiranto ke sana (kunjungan) juga sudah tercium oleh dia (pelaku). Jadi sudah direncanakan," lugasnya.

"Paling tidak dia sudah di-training (dilatih) untuk menggunakan senjata itu. Karena ini adalah pisau yang memang seperti pisau ninja Naruto. Kanan kiri kan tajam jadi kalau itu sudah masuk (ditusukkan) itu langsung lebar dan siapa pun yang menjadi korban mesti lukanya akan lebar," pungkasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4092 seconds (0.1#10.140)