alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siswa SMAN 1 Weleri Kendal Keracunan Massal saat Ikuti Kemah Pramuka

Eddie Prayitno
Siswa SMAN 1 Weleri Kendal Keracunan Massal saat Ikuti Kemah Pramuka
Puluhan siswa SMAN 1 Weleri Kendal keracunan usai menyantap menu makan malam saat kemah Pramuka di sekolah, Jumat (11/10/2019) malam. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Puluhan siswa SMA Negeri 1 Weleri, Kendal, Jawa Tengah keracunan makanan saat mengikuti kegiatan kemah Pramuka di lingkungan sekolah. Mereka mengeluh pusing dan mual serta muntah usai menyantap makan malam yang disediakan. Para siswa langsung dilarikan ke Rumah Sakit Islam Muhamadiyah Weleri, Rumah Sakit Baitul Hikmah, dan Klinik Karunia Medika Weleri.

Hingga Jumat (11/10/2019) pukul 23.00 WIB, jumlah siswa SMAN 1 Weleri yang dilarikan ke rumah sakit mencapai 60 orang. Mereka diangkut dengan mobil milik sekolah dan Polsek Weleri secara bertahap. Diperkirakan jumlah siswa yang keracunan bertambah mengingat peserta kemah ini sekitar 300 orang.

Salah seorang siswa SMAN 1 Weleri, Kendal, Chika menuturukan, pihak sekolah menyediakan menu makan malam berupa nasi dan ayam goreng yang dikemas dalam wadah sterofoam. Namun setelah menyantapnya, para siswa merasa mual dan muntah. "Setelah makan tiba-tiba merasa pusing dan mual. Ada yang muntah-muntah sampai lemes," katanya.



Lantaran jumlah korban cukup banyak, pihak RSI Muhammadiyah Weleri, Kendal, terpaksa menyiapkan ruangan tambahan untuk menampung pasien. Dokter jaga di RSI Muhamadiyah Weleri, Kendal, Bramuchaer mengatakan para siswa mengeluh pusing dan mual.

"Dari keterangan guru, siswa ini menyantap menu makan malam ayam goreng saat kegiatan kemah di sekolah," katanya.

Hingga dini hari tadi, petugas Polsek Weleri dan Polres Kendal masih memeriksa sejumlah saksi, baik dari sekolah maupun penyedia makanan. Polisi juga sudah mengamankan sisa makanan yang diduga membuat puluhan siswa keracunan.



(amm)

loading...