alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hutan di Gunung Ungaran Terbakar, Api Sampai ke Puncak Botak

Taufik Budi
Hutan di Gunung Ungaran Terbakar, Api Sampai ke Puncak Botak
Petugas sedang berjibaku memadamkan api yang membakar hutan di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (11/10/2019) malam. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI

SEMARANG - Kebakaran besar melanda hutan di kawasan Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kobaran api makin tak terkendali karena tiupan angin kencang dan banyaknya material yang mudah terbakar.

"Terjadi kebakaran, tepatnya di jalur pendakian Gunung Ungaran via Gedong Songo. Titik api diketahui pukul 14.57 WIB (Jumat, 11 Oktober) dan sampai sekarang sudah mencapai ke Puncak Botak," kata relawan Baguna Kabupaten Semarang, Mulyo Utomo, Sabtu (12/10/2019) dini hari.

Dia menjelaskan, sejumlah relawan dikerahkan untuk memantau kobaran api sekaligus melakukan upaya pengendalian agar kebakaran tak kian membesar. Angin kencang dan medan terjal menjadi hambatan bagi petugas untuk melokalisasi api.



"Api sudah meluas ke sisi kiri dan kanan Puncak Botak karena angin tidak menentu dan juga kencang sehingga kobaran api menjadi sangat besar," katanya.

Petugas gabungan yang diterjunkan secara aktif berkoordinasi untuk memantau kobaran api. Sebagian relawan naik mendekati sumber kebakaran sementara lainnya memantau dari bawah agar bisa melihat pergerakan api.

"Temen-temen diharapkan memantau perkembangan dari bawah sambil menunggu koordinasi dari pihak terkait. Untuk perkembangan informasi akan kita sampaikan setiap 1 jam atau 30 menit melalui radio komunikasi," katanya.



(amm)

loading...