Pemkab Kendal Buka Akses Internet di Empat Desa Blank Spot

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 06:30 WIB
Pemkab Kendal Buka Akses Internet di Empat Desa Blank Spot
Pemkab Kendal Buka Akses Internet di Empat Desa Blank Spot. Ilustrasi
A A A
KENDAL - Warga empat desa yang selama ini menjadi daerah yang tidak bisa ditembus jaringan internet, kini sudah bisa menikmati jaringan internet gratis dari pemerintah Kabupaten Kendal. Melalui pilot project, empat desa ini dipasang jaringan internet dengan kapasitas tinggi, dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian dan keterbukaan informasi.

Rencananya, enam desa yang masih blank spot lainnya akan segera dipasang jaringan internet. Empat desa yang menjadi percobaan pemasangan jaringan internet yakni desa Kertosari, Cacaban, Kalirejo dan Trayu, kecamatan Singorojo, Kendal.

Dengan teknologi informasi komunikasi pedesaan, wilayah yang sulit dijangkau internet didirikan base transceiver station (BTS). Percontohan di empat desa ini mengurangi jumlah desa yang masuk dalam blank spot, yang sebelumnya ada 10 desa dan berada di wilayah perbukitan.

Kepala seksi infrastruktur teknologi informasi dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal, Ahmad Syahrul Falah mengatakan, BTS yang didirikan ini berkapasitas besar.

Nantinya warga di empat desa bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis dan bisa digunakan untuk mencari informasi ataupun meningkatkan perekonomian. "Pasalnya banyak potensi dari warga yang bisa dikembangkan melalui jaringan internet dengan berjualan online," ujar Ahmad Syahrul Falah.

Sementara itu Bupati Kendal Mirna Annisa menyambut bangga launching desa internet. Diakuinya masih ada 6 desa yang masuk dalam wilayah yang sulit ditembus jaringan internet. "Namun dengan percontohan di empat desa ini, nantinya seluruh desa di Kendal bisa menikmati jaringan internet secara gratis," tutur Mirna.

Launching yang dikemas dengan ngopi bareng ini juga diluncurkan kopi khas Kendal yang asli dari Getas, Singorojo. Kopi Gempol ini nantinya akan menjadi brand kopi Kendal, sehingga bisa menjadi kebanggaan warga Kendal.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1242 seconds (0.1#10.140)