Jangan Kaget! 11 Oktober Semarang Tanpa Bayangan

Rabu, 09 Oktober 2019 - 13:25 WIB
Jangan Kaget! 11 Oktober Semarang Tanpa Bayangan
Foto dari atas kawasan Tugu Muda Semarang. Pada 11 Oktober nanti hari tanpa bayangan akan terjadi di Kota Semarang. FOTO/WIKIPEDIA
A A A
SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) menyebut fenomena kulminasi atau hari tanpa bayangan di Kota Semarang, Jawa Tengah, bakal terjadi pada Jumat (11/10/2019) sekitar pukul 11.30 WIB.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Semarang, Iis W Harmoko, fenomena kulminasi setiap tahun terjadi karena pengaruh pergerakan matahari. Dia mengungkapkan, saat ini matahari bergerak menuju ke arah selatan khatulistiwa.

"Hari tanpa bayangan bukanlah fenomena yang menyeramkan, maka masyarakat tak perlu panik. Karena fenomena itu merupakan peristiwa di mana matahari persis tegak lurus dan seolah bayangan tidak ada," kata Iis, Rabu (9/10/2019).

Iis memastikan bahwa fenomena kulminasi tak memiliki dampak apapun. Posisi matahari yang persis di atas kepala menyebabkan seolah tidak ada bayangan membuat suhu udara menghangat.

Hari tanpa bayangan bisa terjadi dua kali setahun yakni ketika menjelang masuk musim hujan pada Oktober dan menjelang musim kemarau pada Februari.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0012 seconds (0.1#10.140)