alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tiga Batu Besar Hambat Pencarian Kakek Tertimbun Longsor

Taufik Budi
Tiga Batu Besar Hambat Pencarian Kakek Tertimbun Longsor
Pencarian korban diduga tertimbun longsor di Dusun Windusari, Tlogojati, Kabupaten Wonosobo, terus dilakukan. Foto/IST

WONOSOBO - Pencarian korban diduga tertimbun longsor di Dusun Windusari, Tlogojati, Kabupaten Wonosobo, Jateng masih dilakukan. Tim SAR gabungan harus menghadapi tantangan berat sehingga memasuki hari keempat korban masih belum ditemukan.

Korban bernama Mardiyo (60) yang tertimbun longsor hingga kini belum ditemukan. Warga Windusari RT 1/4 DesaTlogojati itu tertimbun longsor saat tengah mandi tempat pemandian umum di belakang rumahnya, pada Sabtu 19 Januari.

“Pagi tadi kita lanjutkan pencarian korban longsor. Namun hingga sore tim gabungan ditarik, korban masih belum ditemukan,” kata seorang relawan penanggulangan bencana (RPB) Selomerto Wonosobo, Madiasto, Senin (21/1/2019).



Menurutnya, pencarian korban terkendala dengan cuaca ekstrem. Hujan deras yang mengguyur lokasi kejadian siang tadi, membuat proses pencarian dihentikan. Ratusan orang dari berbagai unsur SAR segera berteduh sekaligus mencari tempat aman.

“Jika nekat dilanjutkan pencarian bisa bahaya, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Makanya siang tadi kita sempat berhenti dulu sekira satu jam sekaligus beristirahat,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo, mengatakan, setidaknya terdapat tiga batu berukuran besar yang mesti disingkirkan tim pencari. Alat berat yang diterjunkan ke lokasi kejadian juga tak berfungsi optimal sehingga batu harus dipecah secara manual oleh warga.

Tiga Batu Besar Hambat Pencarian Kakek Tertimbun Longsor

Alat berat tak berfungsi optimal sehingga batu berukuran besar harus dipecah secara manual oleh warga

“Batu yang sudah bisa dibongkar baru satu. Masih dua bongkahan batu. Sudah disemprot pakai air di bawah bongkahan dua batu besar namun sampai saat ini korban belum ditemukan,” katanya.

Pencarian akan dilanjutkan esok pagi dengan tetap melibatkan tim gabungan. Unsur-unsur yang turut dalam pencarian di antaranya TNI, Polri, Basarnas, BPBD Wonosobo, BPBD Banjarnegara, RPB Selomerto, Tagana, MTA , SAR gabungan, dan relawan masyarakat. (Baca juga : Asyik Mandi, Kakek 60 Tahun Tertimbun Longsor)



(nun)

loading...