Astra Motor Jateng Berbagi Tips Berkendara Guna Memperkecil Potensi Kecelakaan

Minggu, 06 Oktober 2019 - 12:30 WIB
Astra Motor Jateng Berbagi Tips Berkendara Guna Memperkecil Potensi Kecelakaan
Ilustrasi seorang pengendara motor yang sedang mengecek tekanan ban sebelum berkendara. Foto: istimewa
A A A
SOLO - Astra Motor Jateng berbagi tips berkendara guna memperkecil potensi terjadinya kecelakaan. Tiga faktor patut diperhatikan selama perjalanan, yakni manusia, lingkungan, dan kendaraan.

Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng mengatakan, berbicara mengenai kemungkinan terburuk yang dapat ditemui di jalan raya, ada beberapa faktor yang dapat diperhatikan untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan. “Dimulai dari memastikan kendaraan dalam keadaan prima yaitu berfungsi baik dan benar,” kata Oke Desiyanto dalam siaran pers, Minggu (6/10/2019).

Pemeliharaan dan pemeriksaan rutin menjadi hal yang krusial guna memastikan kendaraan dapat dikendalikan dengan baik. Perhatikan bagian vital seperti roda, rem, lampu-lampu, dan mesin. Pastikan seluruh bagiannya dapat berfungsi dengan benar. Makin lengkap pemeriksaan, makin bagus pula persiapan pengamanannya. Faktor lingkungan juga jangan sampai luput dari perhatian.

Contohnya mengenai kondisi cuaca, kondisi jalan, kelengkapan marka dan rambu-rambu, serta kehadiran pengguna jalan lainnya. “Hal ini akan memengaruhi keputusan berlalu lintas selama di jalan raya,” tuturnya.

Yang perlu kuasai adalah mengenai antisipasi pengemudi dan kendaraan di musim hujan, memahami marka dan rambu sebagai rekayasa keselamatan jalan yang wajib diperhatikan dan ditaati.

Serta kemampuan untuk mengerti pergerakan pengguna jalan lainnya. Tidak hanya itu, pergerakan juga harus bisa dimengerti oleh pengguna jalan lainnya. Misalnya, sein ke kiri untuk belok kiri, bukan kanan. Faktor ketiga yang kerap menjadi penyebab terbesar kecelakaan di jalan raya, yaitu faktor manusia. Kaitannya dengan pengetahuan berkendara, teknik berkendara, kondisi fisik, kondisi emosi dan etika berkendara.

Seluruhnya harus disiapkan sebagai antisipasi menurunkan potensi–potensi mengalami kecelakaan atau terlibat kecelakaan. Fokus saat berkendara adalah sangat utama dalam hal mengendarai dan mengemudi. Ini hal yang penting membuat pengendara dan pengemudi tetap konsentrasi walaupun melintas walau di tempat yang angker sekalipun.

Ketiga faktor tersebut merupakan hal-hal mendasar yang dapat diperhatikan oleh pengendara, terutama pengendara sepeda motor yang sudah saatnya mengaplikasikan gaya hidup #Cari_Aman untuk berkendara sehari-hari. Karena terkadang ada kejadian buruk di jalan raya yang tidak bisa dihindari namun dapat diminimalisir efeknya dengan memperhatikan ketiga faktor tersebut.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)