alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terputusnya Pembicaraan Nuklir Korut dengan AS

Esnoe Faqih Wardhana
Terputusnya Pembicaraan Nuklir Korut dengan AS
Pembicaraan Nuklir Korut dengan AS Terputus

STOCKHOLM - Lanjutan negosiasi dan pembicaraan nuklir antara Korea Utara (Korut) dengan Amerika Serikat (AS) kembali membentur tembok penghalang. Negosiator top Korut mengatakan pada Sabtu (5/10) malam, pembicaraan nuklir tingkat kerja di Swedia antara pejabat dari Pyongyang dan Washington telah terputus.

Kepala negosiator nuklir Korut, Kim Myong Gil, yang menghabiskan sebagian besar hari itu dalam pembicaraan dengan delegasi AS, menyalahkan apa yang ia gambarkan sebagai sikap tidak fleksibel AS. Menurutnya, negosiator AS tidak akan "melepaskan sudut pandang dan sikap lama mereka" .

"Negosiasi belum memenuhi harapan kami dan akhirnya putus," kata Kim kepada wartawan di luar Kedutaan Korut, seperti dikutip dari Reuters.



"AS meningkatkan harapan dengan menawarkan saran seperti pendekatan yang fleksibel, metode baru dan solusi kreatif. Tetapi mereka sangat mengecewakan kami dan mengurangi antusiasme kami untuk bernegosiasi dengan tidak membawa apapun ke meja negosiasi," katanya.

Tidak ada tanggapan langsung dari delegasi AS. Penyiar Swedia TV4 melaporkan bahwa Perwakilan Khusus AS untuk Korut, Stephen Biegun, yang memimpin tim AS, telah tiba kembali di kedutaan AS di Stockholm. Sementara Kementerian Luar Negeri Swedia menolak memberikan komentar.

Pertemuan di pusat konferensi terpencil di pinggiran Stockholm adalah diskusi tingkat kerja formal pertama sejak Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu pada Juni lalu dan sepakat untuk memulai kembali perundingan yang macet setelah pertemuan puncak gagal di Vietnam pada Februari.



(mif)

loading...