Lapisan Es Seukuran Kota London Lepas dari Antartika

Minggu, 06 Oktober 2019 - 08:30 WIB
Lapisan Es Seukuran Kota London Lepas dari Antartika
Lapisan es Amery di Antartika Timur
A A A
LONDON - Lapisan es seukuran kota London, dilaporkan terpisah dari lapisan es Amery di Antartika Timur dan menghasilkan blok es terbesar dalam lebih dari 50 tahun.

Seperti dilansir dari BBC, 1.366 kilometer persegi gunung es sedikit lebih kecil dari Isle of Skye di Skotlandia yang dikenal sebagai D28 dan terpisah dari lapisan es pada 26 September.

Ukuran es yang besar membutuhkan pemantauan yang cermat oleh banyak pihak terutama perusahaan pelayaran dalam mendeteksi posisi di masa depan karena dapat menimbulkan bahaya bagi kapal.

Tetapi insiden itu bukan pertama kalinya bagi Amery karena es, dengan luas 9.000 kilometer persegi, terlepas pada 1960-an.

Amery adalah lapisan es terbesar ketiga di Antartika dan merupakan titik drainase utama untuk benua timur.

The Guardian Portal melaporkan bahwa para ilmuwan telah mempelajari lapisan es Amerika sejak 1960-an dan menggambarkan pemisahan itu sebagai siklus normal yang berlangsung selama 60 dan 70 tahun.

Peneliti Ben Galton-Fenzi mengatakan pemisahan es terdeteksi oleh pencitraan satelit. "Es batu tidak secara langsung mempengaruhi permukaan laut karena lapisan es mengambang seperti es batu dalam segelas air," katanya.

Namun, para ilmuwan telah membantah bahwa insiden itu terkait dengan perubahan iklim.

Lapisan es Amery diperkirakan memiliki area es mengambang seluas 60.000 kilometer persegi dan lebih dari 550 kilometer area tertutup di bawah ini.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8627 seconds (0.1#10.140)