Hujan Deras Disertai Angin Rusak Rumah Warga

Selasa, 22 Januari 2019 - 19:40 WIB
Hujan Deras Disertai Angin Rusak Rumah Warga
Sejumlah warga melakukan kerja bakti menyingkirkan pohon yang menimpa rumah warga di Desa Banyusoco, Playen akibat hujan deras disertai angin kencang. FOTO/SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Hujan deras yang mengguyur hampir semua wilayah di Gunungkidul sejak Senin (21/1/2019) malam hingga Selasa (22/1/2019) siang menyebabkan beberapa pohon tumbang hingga merusakkan beberapa rumah warga. Tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama warga melakukan pembersihan lokasi pohon tumbang dan perbaikan rumah warga.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, sejak Senin malam hujan deras disertai angin terjadi di sdmua wilayah. Pihaknya menerima laporan banyaknya pohon tumbang akibat angin kencang tersebut. "Dua rumah warga rusak di bagian atap karena tertimpa pohon," terangnya kepada wartawan, Selasa (22/1).

Dijelaskannya dua rumah warga yang mengalami kerusakan di antaranya adalah rumah milik Partiyah di Dusun Banyusoco, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen. Kemudian rumah milik Warinem warga Dusun Kwarasan Kulon, Desa Kedungkeris, Kecamatan Nglipar. Tidak hanya itu, hujan disertai angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang dan memutus aliran listrik dan menutup akses jalan di Dusun Dengok V, Desa Dengok, Kecamatan Playen. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,"katanya.

Edy berharap, warga masyarakat berhati-hati dengan intensitas hujan dan angin. Pasalnya perkiraan hujan deras masih berlangsung hingga akhir bulan Januari. "Pemangkasan ranting-ranting pohon sangat penting. Terutama di sekitar pekarangan rumah dan di pinggir jalan," ucapnya.

Sementara hujan deras juga menyebabkan banjir dan menggenangi kios-kios pedagang di Pantai Sundak di Kecamatan Tepus. Para pedagang pun melakukan evakuasi barang dagangan lantaran genangan air tersebut. "Air sampai sekitar 15 cm dan berlangsung lama," kata Sekretaris SAR Pantai Baron Surisdiyanto.(Baca Juga: Hujan Deras, Pohon-Pohon Bertumbangan Timpa Rumah Warga(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9812 seconds (0.1#10.140)