Digaji Rp5,9 Juta, Bupati Banjarnegara Sebut Idealnya Rp100 Juta

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 20:20 WIB
Digaji Rp5,9 Juta, Bupati Banjarnegara Sebut Idealnya Rp100 Juta
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. FOTO/iNews/Elis Novit
A A A
BANJARNEGARA - Unggahan foto slip gaji milik Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono viral di dunia maya. Gaji sebesar Rp5,9 juta yang tertulis dalam postingan dianggap oleh tidak sepadan dengan tugas sebagai kepala daerah.

Bupati Budhi yang akrab disapa Wingchin mengatakan, akan menyampaikan perihal gaji ini saat pertemuan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Bukan tak beralasan, rendahnya gaji kepala daerah tingkat kabupaten ini dinilainya dapat menjadi penyebab korupsi.

"Hal ini (gaji bupati) akan saya sampaikan saat pertemuan Apkasi. Saya rasa semua bupati se-Indonesia bisa memahami. Pedih hati sama kok," ujar Wingchin, Sabtu (5/10/2019). (Baca Juga: Bupati Banjarnegara Unggah Slip Gaji Rp5,9 Juta Viral, Apa Maksudnya?)

Selain itu, persoalan gaji bupati ini juga akan diajukan ke Presiden Joko Widodo. Harapannya dapat dilakukan peninjauan kembali untuk besaran yang wajar.

"Kalau tidak ada realisasi, teman-teman bupati tentu lemes semua. Saya yakin tidak begitu lama anggaran akan di-SILPA-kan dan perekomian terpuruk. Saya yakin membaca arahnya ke sana," katanya.

Menurutnya, kenaikan ideal gaji bupati ada pada nominal antara Rp100 juta hingga Rp150 juta. Dengan adanya gaji yang sesuai, tentu akan lebih bisa menjalankan tugas dan kewajiban tanpa ada pikiran mencari celah untuk korupsi.

"Saya lihat teman-teman bupati galau semua. Mereka tanya ke saya, kamu kok enak aja. Saya jawab, alhamdulilah saya punya keluarga yang diberi rejeki. Kalau saya kurang mereka selalu membantu. Namun bagaimana dengan mereka yang tidak mendapat dukungan, tentu akan muncul pikiran kotor," ucapnya.

Banyaknya kepada daerah yang ditangkap KPK dinilainya berkaitan erat dengan gaji rendah seorang bupati.

"Akhirnya muncul pikiran kotor. Pikiran ini oleh negara sudah disiapkan KPK. KPK senang dan tinggal tangkap, terus muncul di media, KPK bangga," tuturnya.

Sebelumnya, besaran gaji Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono viral di medsos. Nominal yang dia dapat dalam slip gajinya sebesar Rp5,9 juta per bulan. Dalam foto slip gaji beramplop cokelat, tertulis nama Budhi Sarwono dengan jabatan Bupati Banjarnegara. Tercantum juga gaji tersebut merupakan upah Oktober 2019. Gaji bersih bupati yakni Rp6.114.500. Lalu terkena potongan zakat sebesar Rp152.900. Gaji tersebut tidak dipotong untuk Korpri dan PMI sehingga total gaji yang dia dapat hanya Rp5.961.000.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0832 seconds (0.1#10.140)