Aisyiyah Tanamkan Islam Berkemajuan dalam Pendidikan TK ABA

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 08:40 WIB
Aisyiyah Tanamkan Islam Berkemajuan dalam Pendidikan TK ABA
PP Aisyiayah menggelar Peneguhan Ideologi Aisyiyah-Muhammadiyah bagi kepala Sekolah TK Aisyiyah Bustanul Atfal (ABA) se DIY di Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Jumat (4/10/2019). FOTO/IST
A A A
YOGYAKARTA - Pimpinan Pusat Aisyiyah menggelar Peneguhan Ideologi Aisyiyah-Muhammadiyah bagi kepala Sekolah TK Aisyiyah Bustanul Atfal (ABA) se-DIY di Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Jumat (4/10/2019) kemarin. Sebanyak 1.000 orang, baik kepala sekolah maupun guru TK ABA se-DIY mengikuti kegiatan ini.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini mengatakan, kepala sekolah TK ABA memiliki posisi yang sangat strategis dan memiliki tanggung jawab luar biasa untuk menyelamatkangenerasi yang akan datang. Kepala sekolah dan guru TKA ABA harus hadir dengan hati lapang, niat yang tulus untuk membangun dan menguatkan organisasi Aisyiyah.

"Untuk itu diperlukan penyegaran dan meneguhkan tentang posisi guru TK ABA dalam konteks memahami ideologi Aisyiyah dan Muhammadiyah," kata Noodjannah dalam sambutannya.

Selain itu, hadirnya TKA ABA juga karena dedikasi Aisyiyah-Muhammadiyah dalam menyejahterakan masyarakat. Termasuk perjuangan Muhammadiyah dalam kemerdekaan agar masyarakat tidak terjajah oleh kebodohan, supaya pribumi merdeka. Dalam konteks ideologisasi di tingkat TK, maka Muhammadiyah sudah punya pandangan keislaman yaitu Islam Berkemajuan.

"Islam di mana akan memberikan tuntunan, menjadi penuntun bagi kehidupan kita dalam konteks kehidupan, di mana perubahan terjadi begitu cepat akan menuntun kehidupan kita dalam nilai-nilai yang diajarkan," katanya.

Menurut Noorjanah, pandangan Islam berkemajuan ini juga harus dipahami bersama yang dapat dituangkan dalam pendidikan anak-anak. Untuk itu, dia berharap TK ABA dapat menjadi pilar kuat mendidik generasi bangsa.

"Jadikanlah amal usaha TK ini menjadi kekuatan dakwah kita. Karena anak-anak kita perlu mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3969 seconds (0.1#10.140)