Jelang HUT Ke-74 TNI, Prajurit TNI DIY Ziarah ke TMP Kusumanegara

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 00:45 WIB
Jelang HUT Ke-74 TNI, Prajurit TNI DIY Ziarah ke TMP Kusumanegara
Kepala RSPAU Harjolukito Marsma TNI Djunadi bersama Danlanal Yogyakarta Kol Marinir Bambang Andriantoro dan Danrem 072 Pamungkas Brigjen Pol M Zamroni ziarah di makam Panglima Besar Sudirman, Jumat (4/10/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
YOGYAKARTA - Prajurit TNI dari tiga matra, Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) yang bertugas di DIY melakukan ziarah nasional dalam rangka HUT ke-74 TNI di TamanMakam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Yogyakarta, Jumat (4/10/2019). Kegiatan itu dipimpin Kepala RSPAU Harjolukito Marsma TNI Djunadi.

Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni bersama Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Andriantoro, Aparatur Sipil Negara (ASN) serta ibu Dharma Pertiwi juga mengikuti acara itu.

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga serta diakhiri dengan penaburan bunga di atas makam pusara Panglima Besar Jenderal Sudirman. Setelah itu dilanjutkan ke makan pahlawan lain yang ada di TMP Kusumanegara.

Marsma TNI Djunadi mengatakan, ziarah merupakan tradisi kejuangan yang rutin dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului. "Harapannya sebagai generasi penerus harus bisa meneladani dan mengamalkannya," kata Djunadi.

Di sisi lain, dengan berziarah diharapkan dapat merefleksikan semangat dan perjuangan para pahlawan untuk memantik semangat pengabdian kepada bangsa dan negara.

Hal yang sama diungkapkan Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni. Dia mengharapkan kepada seluruh prajurit TNI terus memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas dan menjaga kondusivitas wilayah serta mendekatkan diri kepada rakyat.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama masyarakat dan kebersaamannya dalam menjaga kondusivitas wilayah. Sehingga tetap terjaga aman," katanya.

Zamroni menambahkan puncak HUT ke-74 TNI di jajaran Kodam IV/Diponegoro akan dipusatkan di lapangan Sudirman Ambarawa dan untuk tingkat nasonal di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu(5/10/2019).
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0345 seconds (0.1#10.140)