Angkasa Pura Targetkan Pembangunan YIA Selesai Akhir 2019

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 22:45 WIB
Angkasa Pura Targetkan Pembangunan YIA Selesai Akhir 2019
PT Angkasa Pura menargetkan pembangunan bandara baru Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) selesai pada Desember mendatang. FOTO/INSTAGRAM
A A A
KULONPROGO - PT Angkasa Pura menargetkan pembangunan bandara baru Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) selesai pada Desember mendatang. Saat ini proses pembangunan sudah 85%. Mulai Januari 2020, sejumlah penerbangan domestik di Bandara Adisutjipto dipindah ke YIA.

"Progresnya sudah 85% dan memang kita mengebut," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama di sela menyambut penerbangan perdana Garuda Indonesia di YIA, Jumat (4/10/2019).

Agus Pandu yang merupakan GM bandara Adisutjipto ini mematok target, bandara ini sudah full operasional pada libur Natal dan Tahun Baru. Natinya ada sekitar 140 penerbangan di Adisutjipto yang akan dipindah ke YIA. "Akhir Januari akan kita pindahkan 140 penerbangan ke sini," katanya.

Dengan pemindahan penerbangan ini, maka nantinya Bandara YIA akan semakin ramai. Saat ini saja sudah ada sekitar 30 rute penerbangan baru di YIA yang dilayani dengan jumlah penumpang mencapai 2.000 per hari.

Untuk pemindahan penerbangan internasional, kata Pandu, butuh waktu lebih lama lagi. Setidaknya dua bulan setelah penerbangan domestik dipindah. Saat ini penerbangan internasional baru dari Singapura dan Malaysia. Diharapkan dengan dibukanya YIA yang mampu menampung pesawat berbadan besar dan lebar akan semakin banyak penerbangan langsung dari luar negeri.

Pada Desember, pembangunan terminal domestik di lantai tiga sudah akan selesai. Sedangkan yang existing saat ini akan dipakai untuk penerbangan internasional. Tinggal melengkapi dengan layanan Bea Cukai, karantina dan layanan lain."Butuh dua bulan untuk persiapan pemindahan penerbangan internasional," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)