alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Garuda Pakai Airbus 330-200 Layani Rute Soetta-YIA

kuntadi
Garuda Pakai Airbus 330-200 Layani Rute Soetta-YIA
Garuda Indonesia gunakan pesawat Airbus 330-200 layani rute Bandara Soekarno Hatta-Bandara Internasional Yogyakarta. FOTO/IST

KULONPROGO - Maskapai Garuda Indonesia membuka rute penerbangan dari Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Tangerang (PP). Rute ini dilayani pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus 330-200 yang beroperasi dua kali dalam sepekan, Jumat dan Minggu.

"Hari ini Garuda mulai beroperasi, setelah sebelumnya Citilink, Lion Air, Batik, dan AirAsia lebih dulu," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) Bandara YIA, yang juga GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama di sela menyambut kedatangan pesawat Garuda Indonesia di terminal kedatangan Bandara YIA, Jumat (4/10/2019).

Seperti kedatangan sebelumnya, pesawat ini disambut dengan water salute ketika hendak parkir di apron. Sejumlah penumpang di antaranya musisi Bunga Citra Lestari, Yovie Widianto, Kahitna yang akan menghadiri konser musik Batik Music Festival di Candi Prambanan disambut dengan tarian dan karangan bunga.



"Total sekarang ada 30 flight di YIA. Selain Garuda, Citilink juga menambah enam flight tujuan Palembang, Kualanamu, dan Pontianak. Lion Air juga menambah, ada 12 flight," katanya.

Untuk mendukung aksesibilitas transportasi, PT Angkasa Pura sudah melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 6 Yogyakarta. Saat ini sudah ada 72 lintasan yang berhenti di Stasiun Wojo. Ke depan akan ditambah lagi menyesuaikan dengan penerbangan di bandara.

Untuk mendukung transportasi darat juga ada penambahan armada taksi. Jika selama ini hanya 20 unit, maka kini bertambah menjadi 40 unit. Begitu juga dengan angkutan khusus juga mengakomodasi masyarakat terdampak bekerja sama dengan TOKP (Transportasi Online Kulonprogo) dan KSU Putra Palih.

"Akses angkutan terus kita tambah untuk kenyamanan penumpang," katanya.

Sementara itu, Bunga Citra Lestari mengaku cukup senang dalam penerbangan perdana ke YIA. Apalagi di dalam pesawat Kahitna juga menggelar performance. "Ini baru pertama kali. so far so good, keren dan lebih kelihatan internasionalnya. Aku lihat sudah bagus dan modern," katanya.



(amm)

loading...