alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cucu 11 Tahun Selamatkan Kakek Sedang Mandi dari Kebakaran

Suryono Sukarno
Cucu 11 Tahun Selamatkan Kakek Sedang Mandi dari Kebakaran
Kebakaran menimpa sebuah rumah di Gang Tengiri RT 04/RW 12, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jumat (4/10/2019). FOTO/iNews/SUKARNO SURYONO

PEKALONGAN - Kebakaran menimpa sebuah rumah di Gang Tengiri RT 04/RW 12, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (4/10/2019).

Dari informasi yang dihimpun, saat itu, Zaid Noval (11), cucu pemilik rumah, sedang tidur di dalam kamar. Dia terbangun karena mendengar suara kletek-kletek dari atap rumah. Begitu dilihat, ternyata sudah ada kobaran api di atap. Padahal saat itu, sang kakek, Dono (64), sedang berada di kamar mandi.

Zaid pun segera berlari ke luar rumah sembari teriak minta tolong. Ia langsung mengabari salah satu tetangganya, Amat Sukup (51) bahwa rumah yang ia tinggali bersama kakeknya itu kebakaran.



Amat Sukup pun langsung masuk ke dalam rumah dan mengevakuasi kakek Dono. "Waktu itu sudah ada kobaran api di atap. Saya langsung bopong (angkat) Pak Dono, saya bawa ke lokasi yang aman," kata Amat Sukup.

Sesaat berikutnya, para tetangga kemudian mengetahui peristiwa itu, lalu membantu menyelamatkan barang-barang dari dalam rumah korban. Warga juga segera menelepon Pemadam Kebakaran.

Beberapa saat kemudian, tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Pekalongan tiba di lokasi. Dibantu warga sekitar, aparat TNI Polri, aparat kelurahan setempat, petugas damkar melakukan proses pemadaman. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Petugas PLN juga tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman listrik.

Salah satu petugas damkar Kota Pekalongan, Samsul, menuturkan awalnya ada warga yang menel pon kantornya. "Warga melaporkan ada kebakaran di Gang Pisangsari Panjang Wetan. Kemudian kita kerahkan tiga armada ke sini. Alhamdulillah sekarang api sudah bisa dipadamkan, tidak sampai merembet ke rumah lain. Penghuninya juga selamat semua," katanya.

Peristiwa tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun luka. Diduga, kebakaran itu disebabkan oleh korsleting listrik. "Menurut warga, api awalnya dari atas. Mungkin karena korsleting listrik," katanya.



(amm)

loading...