Hari Batik Nasional, Warga Lukis Tembok Kampung Pesindon dengan Batik

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 11:45 WIB
Hari Batik Nasional, Warga Lukis Tembok Kampung Pesindon dengan Batik
Warga sedang melukis batik di tembok Kampung Batik Pesindon, Kota Pekalongan, Jumat (4/10/2019). FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO
A A A
PEKALONGAN - Merayakan Hari Batik Nasional (HBN) 2019, warga Kampung Batik Pesindon, Kota Pekalongan, Jawa Tengah bergotong-royong melukis batik di tembok di pintu masuk kampung.Beragam lukisan bernuansa batik terpampang cantik dan indah di sepanjang dinding pinggir jalan.

Ketua Paguyuban Kampung Batik Pesindon, Budi mengatakan, melukis batik di tembok merupakan bagian dari mempercantik kampungnya sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Kota Pekalongan. Diharapkan wisatawan yang datang merasa nyaman.

"Agenda tahunan dalam peringatan HBN ini memang rutin diadakan, tapi perayaan ke-10 tahun HBN, kami sengaja mengangkat tema melukis batik di tembok. Sebab, pada saat pilkada kemarin ada beberapa oknum yang melakukan vandalisme (perbuatan merusak hasil karya seni orang lain), sehingga kami berupaya untuk memperindah kampung kami kembali dengan warna-warni corak batik ini," tuturnya, Jumat (4/10/2019).

Tema lukisan yang dituangkan sangat bervariatif karena warga dibebaskan berkreasi sesuai kreativitas dan ide masing-masing.

"Kami memilih lokasi di sini karena merupakan pintu masuk kampung kami. Kebetulan ada dua pintu masuk di kampung kami, yang pertama di depan monumen ini dan di depan Pasar Anyar yang sudah ada muralnya," katanya.

Budi menambahkan, pihaknya sengaja mengerahkan tenaga swadaya dari masyarakat setempat untuk mengerjakan lukisan batik di tembok. "Kami kebut dua hari ini mudah-mudahan bisa selesai dengan bantuan swadaya masyarakat. Alhamdulillah, antusias masyarakat untuk berpartisipasi juga sangat tinggi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8676 seconds (0.1#10.140)